The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bangka Belitung Siap Jadi Destinasi Wisata Halal Dunia
Bangka Belitung. (Pixabay)
Travel

Bangka Belitung Siap Jadi Destinasi Wisata Halal Dunia

Sabtu, 07 Maret 2020 15:19 WIB 07 Maret 2020, 15:19 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berkomitmen dalam mewujudkan provinsi kepulauan itu sebagai destinasi wisata halal dunia, guna mempercepat pertumbuhan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat daerah.

Komitmen Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan menjadikan negeri laskar pelangi itu menjadi wisata dan industri kecil menengah halal itu mendapatkan dukungan penuh dari Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Ma'ruf Amin dan Majelis Ulama Indonesia (MUI), karena potensi industri pariwisata halal di Babel sangat besar dibandingkan jenis wisata lainnya.

"Bangka Belitung tidak hanya memiliki keindahan alam yang eksotik, tetapi juga kuliner yang enak serta kebudayaan melayu yang kuat," kata Ma'ruf Amin dilansir dari Antara, Sabtu (7/3).

Ma'ruf Amin mengatakan, konsep wisata halal tidak akan mengganggu objek wisata dan umat nonmuslim lainnya di Bangka Belitung, namun wisata halal harus mengacu pada aturan hidup umat Islam, baik di sisi adab mengadakan perjalanan, menentukan tujuan wisata, akomodasi, hingga makanan.

"Penerapan syariah dalam wisata halal ini tidak perlu mengubah destinasi wisata yang sudah ada. Hanya saja, standar pelayanannya ditingkatkan agar mampu membuat nyaman wisatawan. Pengelola harus memastikan aneka kuliner halal, tersedia tempat wudu dan salat yang nyaman, dan berbagai fasilitas lainnya," katanya.

Wakil Ketua Umum MUI Pusat KH Muhyiddin Junaidi juga mendorong Pemprov Babel mengembangkan wisata halal, sehingga daerah berjuluk "Negeri Serumpun Sebalai" itu bisa menjadi Babilonia dunia yang memberikan sesuatu yang bermanfaat.

"Selama pelaksanaan Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VII kami sangat bangga dan bisa berkeliling ke masjid-masjid di Pangkal Pinang dan Alhamdulillah jamaah shalat Subuh di Ibu Kota Provinsi Babel, yakni Pangkal Pinang itu selalu ramai," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Nanda
JOIN US
JOIN US