Rayakan Cap Go Meh, 5 Chinatown Instagramable yang Wajib Dikunjungi
Ilustrasi perayaan Cap Go Meh (Unsplash/Markus Winkler)
Travel

Rayakan Cap Go Meh, 5 Chinatown Instagramable yang Wajib Dikunjungi

Semua serba oriental

Kamis, 30 Januari 2020 13:15 WIB 30 Januari 2020, 13:15 WIB

INDOZONE.ID - Dalam tradisi masyarakat Tionghoa, perayaan Imlek berlangsung selama 15 hari dan puncaknya jatuh pada perayaan yang disebut Cap Go Meh. Biasanya perayaan ini berlangsung besar-besaran dan diisi dengan berbagai kegiatan.

Di Chinatown atau kampung-kampung pecinan perayaan Cap Go Meh juga berlangsung meriah. Tak kalah dengan Chinatown di luar negeri, kampung-kampung Pecinan di Indonesia juga membuat perayaan meriah saat Cap Go Meh.

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Chinatown yang tersebar di Indonesia untuk melihat keunikan dan tradisi kental penduduk Tionghoa selama perayaan Imlek berlangsung, berikut 5 Chinatown Instagramable yang Wajib Dikunjungi Sebelum Cap Go Meh.

Chinatown, Bandung

Chinatown, Bandung
Chinatown, Bandung (Instagram/chinatownbandung)

Chinatown yang berada di Kota Kembang ini resmi menjadi tempat wisata pada pertengahan 2017. Terletak di Jl. Kelenteng No.41, Ciroyom, Andir, Kota Bandung, chinatown gak jauh dari kelenteng tertua di Bandung. Di sini pengunjung bisa melihat berbagai koleksi yang ada di museum khas oriental kuno, berfoto memakai kostum kerajaan Cina, dan menikmati kuliner yang tersedia.

Kya Kya Kembang Jepun, Surabaya

Kya Kya Kembang Jepun
Kya Kya Kembang Jepun, Surabaya (Instagram/hep_lyshen)

Surabaya merupakan salah satu kota yang banyak dihuni etnis Tionghoa. Di Kota Pahlawan ini terdapat sebuah kota tua yang menjadi kawasan Pecinan. Di pintu masuknya dihiasi gapura khas Tiongkok bertulisan Kya Kya. Di sini pengunjung bisa berfoto di kelenteng Dewa Makco atau rumah abu yang jadi area cagar budaya. 

Pasar Semawis, Semarang

Pasar Semawis, Semarang
Pasar Semawis, Semarang (Instagram/apolimapotret)

Di kawasan Chinatown tua Semarang terdapat Pasar Semawis yang selalu ramai saat Imlek. Banyak pagelaran budaya yang diselenggarakan di Kota Lumpia itu. Pasar Semewis juga terkenal dengan kulinernya yang melimpah.

Lawang Suryakencana, Bogor

Lawang Suryakencana, Bogor
Lawang Suryakencana, Bogor (Instagram/aditya_tetsuya48)

Kawasan chinatown di Kota Hujan ini merupakan pusat kuliner yang terkenal dengan hidangan khas Bogor. Sebagai kawasan pecinan, wilayah ini dipenuhi dengan masyarakat keturunan Tionghoa yang bermukim di Bogor. Di Suryakencana juga terdapat Vihara Dhanagun, vihara yang telah berusia 300 tahun.

Pasar Glodok, Jakarta

Pasar Glodok, Jakarta
Pasar Glodok, Jakarta (Instagram/akml.kml04)

Di pasar yang terkenal dengan barang-barang elektroniknya ini terdapat kawasan Petak Sembilan. Di gang tersebutlah pusat wilayah pecinan, Glodok. Di Petak Sembilan, terdapat pula Kuil Toa Se Bio yang sangat Instagrammable dan Wihara Dharma Bhakti.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Vessy Dwi

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU