The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Rekomendasi Tempat Wisata Bersejarah yang Cocok Dikunjungi saat Libur Hari Kemerdekaan
Lawang Sewu dan Candi Borobudur (Kemenparekraf.go.id)
Travel

5 Rekomendasi Tempat Wisata Bersejarah yang Cocok Dikunjungi saat Libur Hari Kemerdekaan

Lawang Sewu hingga Candi Borobudur.

Rabu, 17 Agustus 2022 08:00 WIB 17 Agustus 2022, 08:00 WIB

INDOZONE.ID - Hari Kemerdekaan Indonesia akan datang sebentar lagi. Pastinya hal tersebut akan dimanfaatkan untuk kumpul sekaligus liburan bersama keluarga.

Rasanya jika mengisi liburan di Hari Kemerdekaan akan kurang berkesan jika hanya sekadar kumpul atau hangout layaknya kegiatan liburan di hari weekend. Oleh karena itu, liburan edukatif bisa menjadi hal terbaik untuk mengisi waktu liburan kali ini.

Mengingat Indonesia yang memiliki beragam kisah sejarah dengan berbagai macam peninggalannya, tentunya menjadikan juga banyak tempat wisata bersejarah yang dapat dikunjungi.

Untuk kamu yang bingung, berikut 5 tempat wisata bersejarah yang cocok banget untuk liburan yang edukatif di Hari Kemerdekaan Indonesia:

1. Gedung Lawang Sewu, Semarang

Gedung Lawang Sewu
Gedung Lawang Sewu. (Kemenparekraf.go.id)

Gedung Lawang Sewu merupakan bangunan megah nan indah yang berada di Semarang, Jawa Tengah. Dibangun pada zaman kolonial Belanda, gedung ini menjadi saksi bisu peristiwa pertempuran lima hari antara Angkatan Pemuda Kereta Api (AMKA) dengan tentara Jepang yang terjadi pada tahun 1945.

Gedung ini memiliki keunikannya tersendiri. Jika diperhatikan seksama, bentuk bangunan gedung A Lawang Sewu berbentuk seperti gerbong kereta api. Bukan tanpa sebab, hal tersebut memang dirancang untuk mempermudah komunikasi orang Belanda pada saat itu.

Dengan keindahan bangunan yang sangat artistik dengan interior dan eksterior yang sangat khas Belanda, tak jarang Lawang Sewu dijadikan tempat untuk dilakukkannya foto prewedding.

2. Museum Gedung Sate, Bandung

Gedung Sate merupakan aset sejarah kebanggaan masyarakat Jawa Barat. Mulanya, gedung yang menjadi saksi perjalanan pemerintahan Jawa Barat ini disebut sebagai Gedung Hebe, yang diambil dari singkatan Gouvernements Bedrijven (GB).

Hingga saat ini, Gedung Sate masih kokoh berdiri dan masih menjadi tempat untuk kegiatan pemerinta Jawa Barat. Gedung Sate juga telah dikenal tak hanya dalam skala nasional, tapi juga internasional.

Tak hanya bangunan dengan nuansa bersejarah yang masih sangat terasa, disana juga terdapat taman yang luas yang melengkapi kecantikan dari gedung ini. Di dalam gedung ini juga terdapat sebuah teropong yang bisa membuatmu melihat keindahan Kota Bandung saat malam.

3. Klenteng Sam Poo Kong, Semarang

Klenteng Sam Poo Kong
Klenteng Sam Poo Kong. (sampookong.co.id)

Klenteng satu ini bukanlah sekedar tempat ibadah biasa, namun klenteng ini merupakan sebuah aset sejarah dari jejak peninggalan perjalanan Laksamana Cheng Ho.

Klenteng Sam Poo Kong memeliki beberapa spot ikonik di dalamnya. Disana, pengunjung dapat mendatangi makan Kyai Juru Mudi atau Wang Jing Hong yang merupakan juru mudi Laksamana Cheng Ho. Disana juga pengunjung dapat mendatangi langsung tempat pemujaan Dewa Bumi dan Sam Poo Kong.

Tak hanya kemegahan bangunan dengan arsitektur khas China, lingkungan klenteng ini juga sangat memanjakan mata. Terdapat halaman luas yang dikelilingi dengan pepohonan sehingga segar untuk dipandang.

4. Kota Tua, Jakarta

Kota Tua merupakan sebuah kawasan yang berada di Jakarta. Terdiri dari banyak bangunan kuno peninggalan Belanda, membuat pengunjung tak akan bosan untuk berkeliling di kawasan ini.

Disana, terdapat beberapa tempat yang harus kamu kunjungi, seperti Musem Fatahillah, Klenteng Jin De Yuan, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, Magic Art 3D Museum, Toko Merah, dan masih banyak lagi.

Di halaman Museum Fatahillah, kalian juga bisa menyewa sepeda untuk berkeliling disana dan juga menikmati kuliner pinggiran yang terjejer disana.

5. Candi Borobudur, Magelang

Candi Borobudur
Kemenparekraf.go.id

Tak hanya masyarakat lokal, wisatawan mancanegara pun pasti mengenal aset sejarah yang satu ini. Candi Borobudur merupakan sebuah candi Buddha yang terletak di Kota Magelang, Jawa Tengah.

Kemegahan yang menjadikan candi ini menjadi kuil terbesar di dunia dan keindahan alam disekitarnya, menghantarkan candi ini mampu ditetapkam sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia (world heritage).

Saat kamu berkunjung kesana, nuansa sejarah yang dibalut dengan keagungan agama Buddha masih sangatlah terpancar. Jika cuaca sedang mendukung dan kamu berkunjung di sore hari, kamu akan melihat keindahan sunset dari kawasan Candi Borobudur.

Penulis: Keyla Melodia Klees

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
Indozone
JOIN US
JOIN US