Mengintip Keindahan Air Terjun Banyumala Bali
Air Terjun Banyumala, Bali / Instagram / @laxmiii_sbdr
Travel

Mengintip Keindahan Air Terjun Banyumala Bali

Keindahan air terjun ini sangat mengagumkan

Astrid
Minggu, 25 Agustus 2019 13:08 WIB 25 Agustus 2019, 13:08 WIB

INDOZONE.ID - Menjelajahi pulau Bali, tidak cukup hanya menyambangi wilayah pantainya saja. Banyak pesona yang disajikan sehingga pulau kecil ini tidak akan terasa membosankan, seperti keindahan pada sejumlah air terjun yang ada di Bali.

Salah satunya adalah air terjun Banyumala, keberadaannya melengkapi daftar air terjun di Bali dan menawarkan keindahan mengagumkan dan layak untuk dijadikan salah satu tujuan jalan-jalan saat meng-agendakan tur di Bali. 

Air terjun Banyumala berada di Desa Wanagiri, Sukasada Buleleng. Wilayah dengan luas sekitar 173 km persegi ini dikenal akan keindahan air terjunnya. Beberapa air terjun paling populer di Bali berada di sini. Selain air terjun Banyumala, ada air terjun Gitgit, air terjun Munduk, air terjun Aling-aling, dan masih banyak lagi.

Air terjun Banyumala dikelola oleh penduduk Desa Wanagiri yang bermukim di sekitar lokasi air terjun.

air terjun banyumala, bali, wisata bali, wisata air, wisata alam,
Air Terjun Banyumala, Bali / Instagram / @storybali

Meski cukup populer di kalangan para traveller, fasilitas penunjang yang terdapat di air terjun Banyumala masih kurang. Hal terebut bisa dilihat dari tidak adanya fasilitas umum seperti toilet atau ruang ganti.

Jalan menuju air terjun memang terkadang cukup sulit. Namun, saat ini Pihak Dinas Kehutanan yang bekerja sama dengan masyarakat sekitar mulai memperbaik jalan menuju air terjun. Jalan setapak dibentuk menyerupai tangga dengan tanah sehingga lebih mudah dilewati pengunjung.

Tangga bambu sudah tersedia untuk memudahkan kamu dalam melintasi tebing menuju air terjun. Tenang saja perjalanan menuju lokasi air terjun sudah cukup baik dan juga aman.

air terjun banyumala, bali, wisata air, wisata alam,
Air Terjun Banyumala, Bali / Instagram / @bayusimpson

Namun, kita akan tetap melewati jalan yang sedikit curam karena letaknya yang berada di dasar lembah. Dari lokasi, lanjutkan perjalananmu menuju pos jaga sekitar 100 meter dengan berjalan kaki. Tiba di sana kamu akan menemukan pos jaga untuk membayar tiket masuk seharga Rp 10.000 per orang.

Berjarak 65 km atau 2,5 jam berkendara dari kota Denpasar menuju air terjun Banyumala, bakal disuguhi segarnya hijau pepohonan dan suasana danau yang sejuk karena melewati danau Beratan di Desa Candikuning dan juga danau Buyan di Desa Pancasari.

Bila berkunjung pada Juli sampai Agustus, selama perjalanan juga bakal ditemani aroma khas cengkeh dan kopi. Karena momen ini merupakan musim petik kopi dan cengkeh, dua komoditi terbesar di desa-desa yang terletak di perbukitan Bali Utara ini.

    TAG
    Editor Media
    Editor Media

    Astrid

    Editor
    ARTIKEL LAINNYA
    LOAD MORE