The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Enggak Banyak yang Tahu, Surau Ini Pernah Menjadi Markas Perjuangan Fisabilillah
Surau Al-Irhaash, tertua di Pekanbaru (Melba Ferry Fadly/IDZ Creators)
Travel

Enggak Banyak yang Tahu, Surau Ini Pernah Menjadi Markas Perjuangan Fisabilillah

Jumat, 17 Juni 2022 22:47 WIB 17 Juni 2022, 22:47 WIB

INDOZONE.ID - Namanya Surau Al-Irhaash. Enggak banyak yang tahu kalau dulunya, surau ini pernah menjadi markas perjuangan fisabilillah. 

Terletak di Kelurahan Kampung Bandar, Kecamatan Senapelan, Surau Al-Irhaash merupakan surau tertua di Kota Pekanbaru, Riau, yang dibangun di masa penjajahan belanda tahun 1925.

“Jadi di tahun itu para tetua terdahulu mewakafkan tanah. Lalu di atas tanah ini lah dibangun sebuah surau yang sampai sekarang, surai ini masih difungsikan sebagaimana mestinya,” kata pengurus Surau Al-Irhaash, Mabrur.

surau al irhaash
Surau Al-Irhaash masih kokoh berdiri (Melba Ferry Fadly/IDZ Creators)

Dia menuturkan, Surau Al-Irhaash telah menjadi saksi bisu banyak peristiwa sejarah di Pekanbaru. Apalagi, Kampung Senapelan merupakan kampung tua di Pekanbaru, yang pernah menjadi jantung peradaban masyarakat di kala itu.

surau al irhaash
Ruang salat dan mihrab di Surau Al-Irhaash (Melba Ferry Fadly/IDZ Creators)

Pada zaman perang kemerdekaan, surau ini difungsikan sebagai markas pejuang tentara fisabilillah.

"Menurut ceritanya surau ini pernah dijadikan markas pejuang fisabilillah yang digunakan juga untuk gudang bahan baku dan mesiu," ujar Mabrur.

Dalam perjalannya dari masa ke massa, Surau Al-Irhaash memang sering pernah direnovasi hingga mendapatkan model dan bentuknya saat ini. Meski demikian, ciri khas dari surau tersebut tetap dipertahankan hingga kini.

surau al irhaash
Surau Al-Irhaash, surau tertua di Pekanbaru (Melba Ferry Fadly/IDZ Creators)

Mabrur menjelaskan, awalnya Al-Irhaash dibangun berbentuk persegi empat. Setelah difungsikan sebagai tempat ibadah, maka dibuat bangunan tambahan berupa ruang mihrab sekitar 1970 silam.

Salah satu hal yang menarik dari Surau  Al-Irhaash, yakni terdapat sebuah sumur tua yang berusia sama dengan usia Surau. Warga sekitar bahkan mempercayai air sumur ini mampu menyembuhkan segala macam penyakit.

Sayangnya, kini sumur tua itu tak difungsikan lagi.

“Memang banyak orang yang tak tahu tentang sumur tua ini. Warga sekitar percaya air sumur tua dari surau itu bisa sembuhkan segala penyakit," tutup Mabrur.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Melba Ferry Fadly
Melba Ferry Fadly

Melba Ferry Fadly

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US