The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Desa yang Tawarkan Wisata Sejarah hingga Perwakilan Ajang Best Tourism Village
Desa Wisata Nglanggeran. (Photo/Kemenparekraf)
Travel

5 Desa yang Tawarkan Wisata Sejarah hingga Perwakilan Ajang Best Tourism Village

Selasa, 07 Desember 2021 18:40 WIB 07 Desember 2021, 18:40 WIB

INDOZONE.ID - Mulai dari Sabang hingga Merauke, banyak wilayah Indonesia yang kaya dengan kekayaan alam. Bahkan tak kekayaan alamnya saja, pemandangan indah dan penuh cerita sejarah menjadi bagian unik yang diangkat untuk mengenalkan wilayah tersebut. Seperti beberapa desa yang telah dijadikan tempat wisata baru sebagai bentuk penggerak ekonomi melalui pariwisata.

Oleh karena itu, Indozone telah merangkum beberapa desa wisata yang bisa kamu kunjungi menjelang liburan akhir tahun. Beberapa destinasi wisata ini tidak hanya indah melalui lingkungannya, namun juga citra masa lalu yang ditinggalkan. Berikut lima desa wisata yang bisa kamu kunjungi.

5. Desa Wisata Cikolelet

Desa Wisata Cikolelet
Desa Wisata Cikolelet. (Photo/Kemenparekraf)

Desa Wisata Cikolelet merupakan daerah wisata yang akan menyambut pengunjungnya dengan berbagai keindahan alam berupa curug hingga wilayah perbukitan hijau yang memesona. Desa ini terletak di Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten.

Masyarakat setempat juga mengembangkan fasilitas fasilitas untuk memenuhi kenyamanan wisatawan, dengan tetap mengedepankan pelestarian kebudayaan lokal. Salah satunya atraksi budaya yang patut disaksikan di Desa Wisata Cikolelet adalah tradisi Ngurah Danau.

Tak hanya soal tradisi yang terus dijaga, di Desa Wisata Cikolelet juga memiliki potensi sport tourism yang dapat dikembangkan, yakni menjajal adrenalin di jalur sepeda gunung di Desa Wisata Cikolelet patut dicoba wisatawan yang berkunjung.

4. Desa Wisata Sukarame

Desa Wisata Sukarame
Desa Wisata Sukarame. (Photo/Kemenparekraf)

Rekomendasi lainnya, yakni Desa Wisata Sukarame yang terletak di Sukarame, Labuan, Kabupaten Pandeglang. Desa wisata ini berada di pesisir dengan pemandangan ekosistem wisata laut. Pengunjung juga akan disuguhkan kegiatan snorkeling.

Selain mengembangkan potensi alam, masyarakat setempat juga meningkatkan peluang wisata berbasis kebudayaan dan kearifan lokal. Banyak masyarakat yang mengembangkan batik dan masing-masing motif itu telah terdaftar dalam Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Selain membatik dan berwisata air, wisatawan juga dapat menikmati beragam pertunjukan kesenian khas Desa Wisata Sukarame, di antaranya Tarian Dzikir Saman, Tarian Ahlan Wa Sahlan, Kendang Pencak, dan Rampak Bedug.

Baca juga: Pesawat Ryanair Tabrak Burung Kuntul saat Mengudara dan Buat Mesin Pesawat Terbakar

3. Desa Wisata Sangiran

Desa Wisata Sangiran
Desa Wisata Sangiran. (Photo/Kemenprarekraf)

Desa Wisata Sangiran merupakan salah satu daerah yang menyimpan kekayaan fosil-fosil purbakala, mulai dari fosil manusia purba, binatang-binatang purba, hingga hasil kebudayaan manusia praaksara. Namun, tidak hanya situs purbakala yang potensial, wisata sejarah di Desa Wisata Sangiran juga sangat lekat.

Desa ini akan memberikan wisata sejarah termasuk salah satu situs sejarah manusia terpenting. Desa wisata ini terletak di  Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Desa Wisata Sangiran termasuk jajaran 50 Desa Wisata Terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Daya tarik wisata yang paling terkenal dari Desa Wisata Sangiran adalah Museum Purba Sangiran.

2. Desa Wisata Kete Kesu

Desa Wisata Kete Kesu
Desa Wisata Kete Kesu. (Photo/Kemenparekraf)

Desa Wisata Kete Kesu merupakan desa yang memberikan pengalaman aktraksi wisata. Disisi lain, atraksi yang paling unik dari Desa Kete Kesu adalah upacara adat rambu solo, dan kuburan di tebing batu yang ditaksir telah berusia 500 tahun.

Kete Kesu merupakan desa adat yang mengusung konsep sustainable tourism dalam kategori pelestarian budaya bagi masyarakat dan pengunjung. Pengunjung akan melihat rumah adat tongkonan yang berjajar rapi di Desa Kete Kesu. Konon, rumah-rumah adat ini telah berusia lebih dari 300 tahun.

1. Desa Wisata Nglanggeran

Desa Wisata Nglanggeran
Desa Wisata Nglanggeran. (Photo/Kemenparekraf)

Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menorehkan kebanggaan dalam bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Baru-baru ini Desa Wisata Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta terpilih mewakili Indonesia dalam ajang Desa Wisata Terbaik, atau Best Tourism Village.

Desa Wisata Nglanggeran masuk sebagai desa wisata mandiri inspiratif. Salah satu potensi Desa Wisata Nglanggeran yang paling menonjol adalah ekosistem pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Banyaknya potensi tersebut membuat Desa Wisata Nglanggeran mendapatkan kepercayaan untuk mewakili Indonesia di ajang Best Tourism Village.

Daya tarik utama dari Desa Wisata Nglanggeran terletak pada Gunung Api Purba Nglanggeran. Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan bagian dari Geopark Sewu. Geopark ini telah tercatat dalam UNESCO Global Geopark (UGG).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
M. Rio Fani
JOIN US
JOIN US