The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Majukan Sektor Pariwisata, Pemkab Purbalingga Perkuat Kolaborasi Antar Daerah
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi. (photo/ANTARA/HO-Humas Pemkab Purbalingga)
Travel

Majukan Sektor Pariwisata, Pemkab Purbalingga Perkuat Kolaborasi Antar Daerah

Jumat, 16 April 2021 14:17 WIB 16 April 2021, 14:17 WIB

INDOZONE.ID - Dalam rangka memajukan sektor pariwisata, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga, Jawa Tengah akan memperkuat kolaborasi dan sinergisitas antar daerah sekitarnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi di Purbalingga, Kamis (15/4/2021).

"Kolaborasi dan sinergisitas sangat diperlukan untuk memajukan sektor pariwisata, terutama kolaborasi antarkabupaten yang wilayahnya berdekatan," kata sang Bupati dikutip dari Antara.

Dia menjelaskan kunci penting dari pembangunan pariwisata adalah kolaborasi baik dari tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota.

"Misalkan, Purbalingga yang memiliki banyak destinasi wisata yang potensial untuk dikembangkan, terutama dengan segera beroperasinya Bandara Jenderal Besar Soedirman, maka sangat perlu untuk menjalin sinergi dan kolaborasi dengan kabupaten lain di sekitarnya khususnya di wilayah Jawa Tengah bagian selatan," jelasnya.

Dengan adanya sinergi dan kolaborasi, menurutnya, masing-masing kabupaten akan bisa memajukan sektor pariwisata di wilayah masing-masing.

"Dengan sektor wisata yang makin maju, maka akan turut memajukan sektor lain seperti UMKM hingga seni dan budaya," imbuhnya.

Sementara itu, pengamat pariwisata Universitas Jenderal Soedirman, Chusmeru menilai bahwa sektor pariwisata akan menyambut baik kehadiran Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga yang akan segera beroperasi.

Dengan adanya bandara, menurutnya, wisatawan akan memiliki lebih banyak alternatif moda transportasi menuju Purbalingga.

"Tinggal bagaimana Pemkab Purbalingga mengimbanginya dengan kesiapan dan upaya meningkatkan sarana dan infrastruktur penunjang pariwisata," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Laila Rahmi Batubara
JOIN US
JOIN US