The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berdiri 21 Tahun Lalu, Ini Restoran Indonesia Pertama di Inggris Raya
Resto Indonesia pertama di Inggris Raya (Rosi Meilani/IDZ Creator Community)
Travel

Berdiri 21 Tahun Lalu, Ini Restoran Indonesia Pertama di Inggris Raya

Senin, 29 November 2021 15:51 WIB 29 November 2021, 15:51 WIB

INDOZONE.ID - Enggak banyak yang tahu jika di Swansea, Wales, negara bagian Inggris Raya ada sebuah restoran Indonesia. Berdiri sejak tahun 2000 atau tepatnya 21 tahun lalu, tempat makan tersebut bernama Garuda Indonesian Restaurant.

Restoran ini menyajikan menu Indonesia yang otentik. Mulai dari opor ayam, semur ayam, gulai ayam, ayam tauco, rendang ayam, gado-gado, sayur lodeh, mie goreng, nasi goreng, bubur ketan hitam, kopi tubruk dan masih banyak lagi.

garuda indonesian restaurant, resto indonesia di inggris raya
Rosi Meilani (IDZ Creator Community)

Dari sekian banyak menu yang dijual, menurut pemilik restoran, Suriyani atau biasa dipanggil Ani, rendang adalah menu favorit di restorannya. Bumbu yang otentik dan tidak mengurangi kadar kepedasannya menjadi daya tarik bagi pecinta kuliner untuk datang ke restoran ini.

garuda indonesian restaurant
Rosi Meilani (IDZ Creator Community)

Di luar dugaan ternyata warga lokal sangat menyukai rendang buatan Ani. Pelanggan Garuda Indonesian Restaurant mayoritas adalah orang lokal dari Wales. Tak sedikit juga orang Inggris yang berkunjung ke Wales dan ingin manyantap makanan Indonesia.

garuda indonesian restaurant
Rosi Meilani (IDZ Creator Community)

Ditambah lagi suasana restoran kental dengan nuansa Indonesia menjadi daya tarik tersendiri. Mulai dari desain interiornya hingga alunan musik keroncong yang bisa mengobati rasa kangen kepada Indonesia. 

Ani dan suaminya, Peter juga sangat ramah terhadap para pelanggannya. Semakin malam, pengunjung semakin ramai. Gill salah satu warga lokal yang jadi pelanggan setia restoran Ani.

Gill sendiri pernah tinggal di Cilegon, Banten dan selalu makan bersama keluarganya sejak awal-awal restoran ini dibuka. Menurut Gill, sejak awal restoran ini dibuka rasanya tidak pernah berubah.

“Keluarga dan teman-teman saya yang datang dari Inggris ke Wales selalu mengajak makan di sini. Rasanya selalu sama sejak pertama kali restoran ini buka. Saya sangat menyukainya,” kata Gill yang sangat antusias menceritakan pengalamannya makan di restoran ini. 

garuda indonesian restaurant
Rosi Meilani (IDZ Creator Community)

Rahasia makanan di Garuda Indonesian Restaurant terletak dari cara memasaknya. Ani dari awal buka restoran selalu memasak makanan sendiri agar ciri khas dan rasanya sama.

resto indonesia di inggris raya
Rosi Meilani (IDZ Creator Community)

Keberadaan Garuda Indonesian Restaurant enggak hanya jadi pemuas rasa lapar saja, melainkan ini adalah obat kangen Indonesia. Terlebih di Negeri Ratu Elizabeth ini sangat jarang restoran yang menyajikan makanan Indonesia. Nah, buat kalian yang penasaran dengan restoran ini, sempatkan berkunjung jika jalan-jalan ke Inggris ya! 

TAG
Yayan Supriyanto
Rosi Meilani
Rosi Meilani

Rosi Meilani

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US