The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jadi Profesi yang Banyak Diincar, Berapa Gaji Pramugari Indonesia?
Dua pramugari tengah berjalan di bandara (Unsplash.com/@tonywang7)
Travel

Jadi Profesi yang Banyak Diincar, Berapa Gaji Pramugari Indonesia?

Gajinya lumayan lho

Kamis, 23 Januari 2020 12:07 WIB 23 Januari 2020, 12:07 WIB

INDOZONE.ID - Sehubungan dengan diumumkannya jajaran direksi terbaru Garuda Indonesia kemarin, Rabu, 22 Januari 2020, Triawan Munaf ditetapkan sebagai  Komisaris Utama baru Garuda Indonesia dan Irfan Setiaputra sebagai Direktur Utama baru Garuda Indonesia. Maka, hal ini turut membuat penasaran tentang seluk-beluk bekerja di maskapai penerbangan. Salah satunya pramugari. 

Profesi pramugari menjadi salah satu profesi yang banyak diimpikan perempuan dalam memilih karier. Bekerja di dalam maskapai penerbangan dianggap menyenangkan karena bisa berkeliling dunia.

Hal paling penting adalah bayaran yang fantastis. Namun, pekerjaan ini bukan tanpa risiko, pramugari harus berada di dalam pesawat dan terbang di udara selama berjam-jam, meninggalkan rumah serta keluarga untuk memberi pelayanan terbaik kepada penumpang.

Marangkum dari berbagai sumber, gaji pramugari memang tinggi. Tetapi meraka juga menanggung risiko yang cukup berat dalam bekerja. Maka inilah daftar gaji pramugari Indonesia yang dihimpun Indozone, Kamis (23/1/2020).

Ilustrasi Pramugari
(Pexels/Jefrey Praa Kwesi)

Garuda Indonesia

Garuda Indonesia merupakan salah satu maskapai penerbangan terbaik di Indonesia. Untuk harga penjualan tiket, maskapai plat merah ini juga paling tinggi di antara penerbangan lainnya. Maka tak heran bila gaji pilot dan pramugarinya paling tinggi. Untuk pramugari junior berstatus training mendapatkan gaji mencapai Rp15 juta. Sedangkan, senior dengan jam dan masa kerja lama mendapat upah bulanan hingga Rp30 juta. Di luar gaji, masih ada tunjangan tambahan lainnya.

Air Asia

Air Asia menjadi salah satu maskapai favorit untuk perjalanan dalam dan luar negeri di Indonesia. Untuk gaji pramugari junior memang sangat jauh dengan pramugari Garuda Indonesia, yakni sekitar Rp3 juta. Namun, itu baru gaji pokok saja. Belum  termasuk tunjangan lainnya. Sementara untuk pramugari berpengalaman, bisa mendapat gaji hingga Rp50 juta.

Citilink

Beberapa sumber menyebut, gaji pramugari muda Citilink adalah sekitar Rp 2-3 juta. Sedangkan senior adalah sekitar Rp 5juta. Seperti biasa gaji itu belum termasuk pemasukan tambahan dan tunjangan lain yang bisa mencapai Rp20 juta.

Batik Air

Gaji pramugari maskapai ini adalah Rp2 hingga 3 juta perbulan. Ini belum ditambah dengan uang tunjangan dan biaya lain yang bisa mencapai Rp7,5 juta. Pastinya untuk pramugari senior yang sudah berpengalaman nominalnya akan lebih tinggi.

Lion Air

Gaji seorang pramugari mudanya diperkirakan Rp2 sampai 3 juta perbulan. Sedangkan, pramugari senior akan mendapatkan gaji berkisar Rp5 hingga 6 juta. Nilai tersebut belum termasuk uang tunjangan dan tambahan lainnya. Pramugari Lion Air nantinya juga akan mendapatkan uang tambahan terbang di mana setiap satu jamnya akan mendapatkan sekitar Rp50 ribu. Jika dikalkulasikan, gaji yang diterima oleh pramugari Lion Air berkisar Rp15-20 juta setiap bulan.

Sriwijaya

Kisaran gaji seorang pramugari maskapai Sriwijaya Air sekitar Rp19,5 juta. Tak mengherankan jika perusahaan ini berani mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk menggaji pekerja khususnya pramugari.

Nam Air

Anak perusahaan maskapai Sriwijaya Air yang berdiri sejak 2013 silam ini menggaji pramugari mereka dengan bayaran berkisar Rp8 juta setiap bulan. Besaran gaji tersebut di luar uang tunjangan dan penghasilan tambahan lainnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Vessy Dwi

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US