The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Wisata Gunung Padang Terdampak Gempa Cianjur, Sandiaga: Kerusakanya Tidak Sampai 5 Persen
Menparekraf Sandiaga Uno di acara iDEA FAST 22 di JCC, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).
Travel

Wisata Gunung Padang Terdampak Gempa Cianjur, Sandiaga: Kerusakanya Tidak Sampai 5 Persen

Hanya bagian gerbang.

Kamis, 24 November 2022 20:04 WIB 24 November 2022, 20:04 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu destinasi wisata terkenal di kawasan Cianjur, Jawa Barat yakni Desa Wisata Situs Gunung Padang. Rupanya, destinasi wisata itu ikut rusak akibat gempa beberapa waktu lalu.

Pemerintah Indonesia pun memastikan kerusakan objek wisata tersebut tidak parah. Hal tersebut disampaikan langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

"Berhasil memenangkan anugrah Indonesia 2022 yaitu Desa Wisata Situs Gunung Padang kerusakannya sekitar lima persen dan itu saya diberitahu oleh Pak Kadis Pariwisata  Cianjur," ucap Sandiaga usai menghadiri acara iDEA FAST 22 di JCC, Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Baca Juga: Sandiaga Uno soal Pengunjung iDEA FEST 22: Ini Lokomotif Masa Depan RI!

Sandiaga Uno menyebutkan, jajaranya di Cianjur sudah memiliki sertifikat Cleanliness, Health, Safety, Environment, Sustainability (CHSE). Oleh sebab itu, para pelaku ekonomi kreatif di Cianjur diklaim tidak kaget, jika terjadi bencana alam.

"Para pelaku pariwisata ekonominya lebih siap karena kita baru saja mensertifikasi CHSE, dan mereka berhasil memenangkan ini. Sehingga, dampaknya hanya di tempat masuk saat wisawatan entry di Desa Wisata Gunung Padang," tutur Sandiaga.

Selain itu, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, sentra ekonomi kreatif di Cianjur juga tidak terdampak kerusalam berat.

"Di sentra ekonomi kreatif di Cianjur sendiri kerusakannya relatif minimal antara lima sampai 10 persen, dan dari pelaku usaha dan ekonomi kreatif alhamdulillah, kami belum diberitahu jumlah korban jiwa yang signifikan," pungkas Sandiaga Uno.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
Achmad Rafiq
Samsudhuha Wildansyah
JOIN US
JOIN US