The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Istana Megah Ini Menyimpan Peninggalanan Suci Para Nabi, Ada Gigi dan Jenggot Rasulullah
Istana Topkapi, Turki. (Z Creators/Elisa Oktaviana)
Travel

Istana Megah Ini Menyimpan Peninggalanan Suci Para Nabi, Ada Gigi dan Jenggot Rasulullah

Jumat, 30 September 2022 15:49 WIB 30 September 2022, 15:49 WIB

INDOZONE.ID - Banyak bangunan ikonik di Istanbul yang jadi lokasi syuting film Hollywood maupun drama Turki. Salah satunya Istana Topkapi yang kerap jadi latar belakang drama genre sejarah. 

Istana Topkapi berada di Kawasan Fatih, salah satu distrik tertua di Kota Istanbul. Berdekatan dengan Sultan Ahmet Camii alias Masjid Biru dan Hagia Sophia. 

istana topkapi
Istana Topkapi, Turki dibangun pada abad ke-15. (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Istana ini dibangun setelah Sultan Ottoman, Mehmet II, menaklukkan Konstantinopel (Istanbul) pada 1453. Sultan yang berjuluk ‘Al-Fatih’ alias ‘Sang Penakluk’ ini, tinggal di Topkapi sampai ia wafat 1481. 

Istana Topkapi berfungsi sebagai kediaman utama semua sultan dan markas administrasi Kekaisaran Ottoman (Turki Utsmani), selama 4 abad. Mulai dari abad ke-15 sampai abad ke-19. 

istana topkapi
Istana Topkapi, Turki jadi lokasi syuting film. (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Sultan-sultan penerusnya pindah ke Dolmabahce, istana bergaya Eropa di tepi Selat Bosphorus, Istanbul. Topkapi merupakan kompleks istana yang sangat luas. 

Di halaman luarnya terdapat Hagia Irene, gereja tertua Kekaisaran Bizantium. Bangunan lain yang enggak kalah menarik adalah Helvahane, yaitu dapur khusus kembang gula. 

Di dalamnya terdapat koleksi porselen Cina, yang konon bisa berubah warna jika terkena makanan beracun. Istana Topkapi juga dilengkapi Sunnet Odasi alias ruang sunat dan taman tulip yang indah. 

Ada dua area yang selalu mengundang rasa penasaran wisatawan, yaitu Harem dan Ruang Penyimpanan Relik Suci. 

Harem, Area ‘Terlarang’ di Istana Topkapi 

istana topkapi
Salah satu ruangan Istana Topkapi, Turki. (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Harem merupakan tempat tinggal keluarga kekaisaran dan selir-selir sultan. Kata 'harem' secara harfiah berarti 'terlarang' atau 'pribadi'. Di era Ottoman, engga semua orang boleh memasuki Harem. 

Harem juga merupakan sekolah untuk gadis-gadis terpilih. Mereka akan dididik secara Islam, diajari budaya dan bahasa Turki, dibekali pendidikan dan berbagal keterampilan. Mereka kelak akan menjadi dayang-dayang, bahkan selir atau istri raja.  

Kompleks Harem yang mewah terdiri dari 6 lantai, dengan 300 lebih kamar, 2 masjid, 9 kamar mandi, sebuah rumah sakit, bangsal dan binatu, kediaman dan pemandian ibu suri, serta pemandian sultan. 

Ruang Penyimpanan Relikui Suci

istana topkapi
Pekarangan Istana Topkapi, Turki. (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Istana Topkapi mulai digunakan sebagai museum, tahun 1924, setelah Turki menjadi negara republik. Museum menampung ratusan koleksi berharga. Antara lain manuskrip Alquran pertama yang ditulis di atas lembaran kulit binatang. Salah satunya surah Al-Qadr. 

Di Paviliun Relikui Suci, tersimpan beberapa peninggalan Nabi Muhammad SAW. Antara lain mantel wol sepanjang  124 cm, sandal, jenggot, gigi yang tanggal pada Perang Uhud, cetakan telapak kaki kanan saat peristiwa Mi’raj, serta pedang yang digunakan Rasulullah dan keempat sahabatnya, Abubakar Ash-Shiddiq, Umar bin Khathab, Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib.

istana topkapi
Taman tulip di Istana Topkapi, Turki. (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Museum Topkapi juga menyimpan barang-barang lain yang diyakini pernah digunakan Nabi Musa, Ibrahim, Yusuf dan Daud. Sambil mengagumi ratusan relikui suci, pengunjung diiringi lantunan ayat-ayat Alquran, yang bergantian dibacakan 24 hafizh atau penghapal Alquran. Sayangnya, pengunjung dilarang mengambil foto atau video di ruangan ini.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Elisa Oktaviana
Elisa Oktaviana

Elisa Oktaviana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US