The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ternyata Pura Cantik di Lembar Uang Rp50 Ribu Ada di Sini, Suasananya Romantis!
Pura cantik bak lukisan alam (Vivi Sanusi/IDZ Creators)
Travel

Ternyata Pura Cantik di Lembar Uang Rp50 Ribu Ada di Sini, Suasananya Romantis!

Minggu, 22 Mei 2022 11:35 WIB 22 Mei 2022, 11:35 WIB

INDOZONE.ID - Pura cantik yang ada di uang pecahan Rp50.000 ini memang selalu menjadi destinasi wisata wajib wisatawan bila mengunjungi Pulau Bali. Berada di Desa Candikuning, Tabanan, Bali,Pura Ulun Danu memang punya pesona tersendiri.

Udaranya sejuk. Indahnya panorama tepi Danau Bratan dan dataran tinggi Bedugul menambah eksotisnya kawasan ini.

pura ulun danu
Pura Ulun Danu seolah mengapung di tengah danau (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Terletak di ketinggian 1239 mdpl, Pura Ulun Danu merupakan pura terbesar kedua di Bali setelah Pura Besakih. Pura Ulun Danu yang dibangun tahun 1634 Masehi bukan hanya sebagai tempat pemenuhan rohani tapi juga sebagai pemenuhan pangan warga sekitar. Karena sekitar pura terdapat danau yang menjadi subak (irigasi) lahan pertanian.

Pura ini didirikan setelah terjadi peperangan dengan bentuk atap yang unik. Tingkatan atap dibuat berbeda. Atapnya bertingkat 11, 7 dan 3 sebagai pemujaan terhadap Dewa Trimurti yaitu Dewa Wisnu, Brahma dan Siwa. Pura Hindu ini pun disebut sebagai Candi Air karena terapung di atas danau untuk menghormati Dewi Air. 

Ditemukannya artefak di halaman depan pura berupa sarkofagus batu dan papan batu yang diperkirakan ada sejak zaman megalitikum, semakin menegaskan kalau sejak 500 tahun sebelum Masehi tempat ini telah menjadi tempat aktivitas ibadah.

danau bratan
Punya air suci dan keramat dari Danau Bratan (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Pura ini  juga menggambarkan keselarasan antar agama karena memiliki stupa Buddha di dalamnya. Sumur air suci dan keramat yang berada menjorok ke tengah danau yang disebut Pura Lingga Petak, dianggap sebagai sumber air kesuburan dari Danau Bratan.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Vivi Sanusi
Vivi Sanusi

Vivi Sanusi

Community Writer
JOIN US
JOIN US