The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pesona Taman Loang Baloq, Wisata Religi di Kota Mataram yang Masuk ADWI 2022
Desa Wisata Loang Baloq. (Antara)
Travel

Pesona Taman Loang Baloq, Wisata Religi di Kota Mataram yang Masuk ADWI 2022

Kamis, 30 Juni 2022 17:30 WIB 30 Juni 2022, 17:30 WIB

INDOZONE.ID - Desa Wisata Loang Baloq berlokasi di Kota Mataram. Destinasi wisata di desa ini dikenal dengan alam yang indah, dan juga wisata religi.

Nama Loang Baloq berasal dari makam atau petilasan di Pulau Lombok yang terdapat di sebelah timur pantai yang merupakan penyebaran agama Islam di Pulau Lombok yang datang dari timur tengah yakni Syeikh Gauz Abdurrazak.

Dilansir dari kemenparekraf, arti dari loang baloq memiliki multi tafsir atau arti di kalangan masyarakat luas. Bagi pemahaman masyarakat yang secara umum, Loang dalam bahasa sasak yang berarti lubang, sedangkan Baloq dalam bahasa sasak yang berarti buaya. Jadi, Loang Baloq dalam bahasa Indonesia artinya lubang buaya.

Taman Loang Baloq tidak hanya menawarkan wisata alam yang indah, tapi Loang Baloq dijadikan wisata sejarah dan wisata religi dimana ada tiga makam yang dikeramatkan yaitu diantaranya makam Maulana Syeikh Gauz Abdurrazak, Makam Datuk laut, dan makam Anak Yatim.

Baca juga: Selain Candi Borobudur, Ini 5 Wisata Religi di Indonesia yang Diakui Dunia

Ada berbagai hal unik yang bisa kamu dapatkan di Desa Wisata Taman Loang Baloq.

Mitos Makan Loang Baloq

Taman Wisata Loang Baloq dikenal dengan sebuah makam/kuburan yang merupakan makam para penyebar agama Islam di Lombok pada jaman dulu.

Mitos yang beredar, siapapun yang ingin menyampaikan niat atau hajat harus mengikat sebuah tali di pohon beringin, baru kemudian berdo’a. Setelah hajat terkabulkan, mereka datang kembali untuk syukuran dan membuka tali yang sudah diikat tersebut.

Sudut Lain dari Taman Loang Baloq

Di tempat wisata ini juga dilengkapi dengan danau besar. Pemandangan ini terlihat cantik dengan paduan pepohonan di sekitarnya.

Selain itu, ada juga beragam permainan anak dan tempat bersantai seperti saung-saung.

Suasana Sejuk di Sekitar Taman Loang Baloq

Suasana Taman Loang Baloq cukup sejuk, karena ada banyak pohon rindang yang menjadi penuduh. Sehingga cocok banget untuk tempat bersantai.

Lezatnya Berbagai Sajian Seafood

Berkunjung ke tempat wisata, tidak lengkap rasanya kalau enggak menyantap makanan khas daerah yang kamu kunjungi. Nah, di Desa Wisata Taman Loang Baloq wisatawan akan menemukan banyak penjualan ikan bakar dan beragam seafood yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke sana.

Desa Wisata Taman Loang Baloq sendiri merupakan salah satu Desata Wisata yang berhasil lolos 50 besar dalam ajang Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Krearif (Kemenparekraf) RI.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US