The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fakta-fakta Mekkah, Kota Suci Peradapan Islam yang Harga Tanahnya Termahal di Dunia
Mekkah, Arab Saudi. (Vivi Sanusi/IDZ Creators)
Travel

Fakta-fakta Mekkah, Kota Suci Peradapan Islam yang Harga Tanahnya Termahal di Dunia

Kamis, 16 Juni 2022 20:15 WIB 16 Juni 2022, 20:15 WIB

INDOZONE.ID - Kota Mekkah, Arab Saudi adalah kota suci impian umat muslim di seluruh dunia untuk bisa melaksanakan ibadah Haji dan Umroh. Bernama panjang Makkah al Mukarramah yang berarti Mekkah yang dimuliakan, kota ini sejak abad ke-7 ini hanya boleh dimasuki oleh umat Muslim. Lalu apa saja fakta-fakta terkait Kta Mekkah? Berikut ulasannya: 

1. Tempat Lahir Nabi Muhammad SAW

mekkah
Jabal Rahma di Mekkah, Arab Saudi. (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Kota ini diyakini tempat lahirnya Nabi Muhammad SAW, hampir separuh hidup Rasulullah dihabiskan di kota ini. Mekkah tentu tak terlepas dari Masjidil Haram, masjid terbesar dan termahal di dunia dengan luas 356.800 meter persegi yang berada di pusat Kota Mekkah. 

Di sinilah Ka'bah berdiri, di tengah-tengah masjid yang menjadi arah salat para Muslim seluruh dunia (kiblat) dan menjadi bagian ibadah Haji atau Umroh dengan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali yang disebut tawaf.

Kegiatan dalam Haji atau Umroh lainnya adalah Sa'i yaitu berjalan atau berlari-lari kecil dari Bukit Safa dan Marwah sebanyak tujuh kali. Kedua bukit ini berada di dalam gedung yang menempel dengan Masjidil Haram.

2. Kota Suci Bagi dan Tempat Islam Berkembang 

mekkah
Jabal Tsur di Mekkah, Arab Saudi. (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Sebagai kota suci, jejak perjalanan Rasulullah SAW mengembangkan Islam bisa dilihat di beberapa tempat seperti Gua Hira. Gua ini terletak sekitar 6 km di sebelah timur laut Kota Mekkah yang merupakan rongga di dalam gunung yang berada di puncak Jabal Nur.

Tinggi gua ini sekitar 280 cm dengan panjang sekitar 3 meter dan lebar antara 1,5-2 meter. Mendakinya harus melewati lebih 1000 anak tangga. Sesampai di puncak bukit pemandangan Kota Mekkah akan terlihat jelas. 

Di sinilah Nabi Muhammad SAW yang ketika itu berusia 40 tahun menerima wahyu pertama kalinya dari Allah yaitu Surat Al Alaq dan sebagai pengangkatan beliau sebagai nabi dan rasul. Tempat lain adalah Jabal Tsur yang berada 4 km dari Masjidil Haram, salah satu gunung tertinggi di Kota Mekkah yang mempunyai gua yang bersejarah yaitu Gua Tsur.

Gua ini sebagai tempat bersembunyi Rasulullah SAW bersama sahabatnya Abubakar yang dikejar oleh kaum Quraisy ketika beliau akan hijrah ke Madinah. Napak tilas lainnya bisa dilihat di Jabal Rahmah atau Bukit Kasih Sayang yang berada di bagian timur Padang Arafah, sebagai tempat bertemunya Nabi Adam dan Siti Hawa setelah puluhan tahun dibuang ke bumi.

Di sini pula wahyu terakhir diterima Rasulullah SAW sebelum beliau wafat ketika melakukan Haji Wada atau haji terakhir. Dan di bukit ini pula Nabi Ibrahim AS berketetapan hati menerima perintah berkurban yang datang melalui mimpinya. 

Sedangkan Padang Arafah sebagai tempat dalam berhaji dimana dilakukannya Wukuf atau mengasingkan diri tanpa melakukan apapun. Luasnya diperkirakan mencapai 12 juta meter persegi dan bisa menampung jamaah haji jutaan setiap tahunnya.

Napak tilas perkembangan Islam lainnya bisa dilihat di museum Al Haramain. Masuk ke museum ini tanpa membayar sepeserpun.Di sini sejarah dari masa ke masa Masjidil Haram Mekkah dan Masjid Nabawi Madinah bisa menambah wawasan para jamaah.

Menuju museum, jamaah akan melewati Masjid Hudaibiyah dimana Rasulullah SAW menandatangani perjanjian damai dengan kaum kafir Mekkah yang terkenal dengan perjanjian Hudaibiyah. Tempat ini sekitar 30 menit dari Masjidil Haram.

3. Punya Musala Tertinggi di Dunia 

mekkah
Masjid Hudaibiyah di Mekkah, Arab Saudi. (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Mekkah kota yang selalu ramai, sebelum pandemi Covid-19 melanda lebih 8,75 juta jamaah Haji atau Umroh memasuki kota ini. Di Kota ini pula terdapat musala tertinggi di dunia yang berada 600 m di atas permukaan laut. Letaknya di Hotel Makkah Clock Royal. 

Selain itu, Mekkah memiliki jaringan pengangkut sampah terbesar di dunia. Sekitar 600 ton sampah dihasilkan setiap hari selama musim haji dan sampah ini diangkut melalui pipa bawah tanah sepanjang 30 kilometer dari 318 titik pengumpulan ke Central Utility Complex yang berada di luar kota.

4. Harga Tanah di Mekkah Termahal di Dunia

mekkah
Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi. (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Mekkah juga kota pertama di Jazirah Arab yang dilintasi mobil. Di kota ini terdapat pemukiman tertua di dunia karena dialiri air zam-zam sejak 4000 tahun yang lalu. Fakta lain tentang Mekkah adalah menara jam setinggi 600 meter di Kompleks Abraj Al Bait merupakan bangunan tertinggi ketiga di dunia.

Enggak hanya itu, permukaan jamnya terbesar di dunia karena bisa dilihat dari jarak 17 km. Selain itu tanah di Mekkah merupakan tanah termahal di dunia dengan harga satu meter perseginya mencapai 100 ribu dollar AS. 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Vivi Sanusi
Vivi Sanusi

Vivi Sanusi

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US