The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berkunjung ke Masjid Al-Amin di Donggala Sambil Lihat Alquran Berusia 200-an Tahun
Alquran berusia 200 tahun. (ANTARA/Kristina Natalia)
Travel

Berkunjung ke Masjid Al-Amin di Donggala Sambil Lihat Alquran Berusia 200-an Tahun

Rabu, 06 April 2022 05:00 WIB 06 April 2022, 05:00 WIB

INDOZONE.ID - Masjid Al-Amin merupakan masjid tertua di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Di dalam masjid tersebut tersimpan sebuah Alquran berwarna cokelat dengan panjang 30 cm dan lebar 20 cm.

Dilansir Antara, menurut keterangan pengurus Masjid Al-Amin Tahir Syarif Al-Mahdali (64), Alquran yang dibungkus dengan kain putih itu merupakan salah satu bukti penyebaran Islam di Kabupaten Donggala tepatnya di Desa Wani Kecamatan Tantopea.

“Syeh Agil Al-Mahdali merupakan orang pertama yang memperkenalkan agama Islam di pesisir pantai Kabupaten Donggala,” kata Tahir.

Alquran itu nampak rapuh dan setiap lembar sudah terpisah, tapi tulisannya masih bisa dibaca dengan jelas.

Baca juga: Nikmatnya Bubur India Khas di Masjid Pekojan Semarang, Dimasak dengan Kayu Bakar

“Mungkin dimakan usia karena diperkirakan usianya mencapai 200-an tahun,” tutur Tahir.

Tahir juga menceritakan bahwa Alquran tersebut menjadi saksi bisu kedahsyatan tsunami yang memporak porandakan daerah itu, termasuk Masjid Al-Amin. Tapi beruntungnya Alquran tersebut terselamatkan.

“Tiga kali dihantam tsunami tetapi Al Quran ini selamat. Termasuk masjidnya juga masih kokoh sedangkan di sekitar masjid ini habis disapu tsunami,” cerita Tahir.

Meski sudah dihantam tsunami, masjid yang dibangun dengan sentuhan Arab, Melayu, India dan Thionghoa masih terlihat kokoh.

Masjid Al-Amin dibangun tahun 1906 oleh Syarifah Isa binti Yahya Al-Mahdali, cucu Syeh Agil Al-Mahdali seorang saudagar Arab dari Yaman.

Selain Alquran, Masjid Al-Amin juga menyimpan sebuah balok yang pada zaman itu digunakan sebagai bantal oleh imam masjid untuk beristirahat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Fitri
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US