The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Negara Eropa Semakin Hidup Normal Meski Kasus Covid-19 Tinggi, Sudah Jarang Pakai Masker
Warga berada di persimpangan Jalan Oxford, London, Britania Raya (REUTERS/Toby Melville)
Travel

5 Negara Eropa Semakin Hidup Normal Meski Kasus Covid-19 Tinggi, Sudah Jarang Pakai Masker

Selasa, 23 November 2021 13:18 WIB 23 November 2021, 13:18 WIB

INDOZONE.ID - Sejumlah negara Eropa dikabarkan tengah menghadapi gelombang keempat Covid-19. Dalam seharinya, ada puluhan ribu kasus baru Covid-19 yang dilaporkan.

Pemerintah dari sejumlah negara di kawasan tersebut berencana akan kembali melakukan penutupan wilayah atau lockdown menjelang perayaan Hari Natal dan libur panjang Tahun Baru 2022.

Dilansir CNN Internasional, seorang perwakilan WHO di Eropa, Hans Kluge mengatakan bahwa benua biru itu akan kembali menjadi pusat pandemi Covid-19 seperti yang terjadi setahun lalu.

Bahkan dia memprediksi kasus kematian akibat Covid-19 di Eropa bisa saja menembus angka setengah juta jiwa pada Februari 2022 mendatang.

Kendati demikian, kehidupan warga di sejumlah negara di Eropa tampak semakin hari semakin normal. Warga bebas dalam kerumunan di pusat hiburan, stadion olahraga, hingga pertunjukan musik.

Tidak hanya itu, menjelang perayaan Natal, ribuan warga setiap harinya berbondong-bondong mendatangi Christmas Market atau Pasar Natal yang berada di pusat-pusat kota untuk sekedar berbelanja.

Berikut penampakan kehidupan 5 negara Eropa yang terlihat normal meski kasus Covid-19 sedang tinggi.

1. Britania Raya

negara eropa
Warga meramaikan Pasar Natal di pinggir sungai London (REUTERS/Henry Nicholls)

Di Britania Raya, ratusan ribu warga setiap harinya memadati stadion untuk menyaksikan pertandingan olahraga sepak bola. Warga diminta untuk menerima vaksin dosis lengkap sebelum mendatangi pusat-pusat keramaian.

Selain itu, warga juga turut meramaikan Pasar Natal yang ada di pusat-pusat kota. Di London misalnya, setiap malam warga kota itu mendatangi Pasar Natal hanya untuk sekedar berbelanja.

Selain itu, sangat jarang sekali terlihat warga yang mengenakan masker padahal kasus Covid-19 sedang tinggi.

Dilansir dari World Meters, kasus baru Covid-19 di Britania Raya tercatat mencapai 44.917 kasus pada Senin (22/11/2021).

2. Jerman

negara eropa
Warga memadati upacara pembukaan Pasar Natal di Cologne, Jerman (REUTERS/Thilo Schmuelgen)

Sama seperti Britania Raya, warga Jerman juga dibebaskan untuk mendatangi pusat-pusat keramaian, termasuk menonton pertandingan olahraga di dalam stadion.

Warga Jerman diwajibkan menerima vaksin dosis lengkap sebelum mendatangi pusat-pusat keramaian.

Menjelang perayaan Natal, sejumlah Pasar Natal juga dibuka di beberapa kota di Jerman. Setiap harinya, warga Jerman meramaikan Pasar Natal untuk sekedar berbelanja.

Pada Senin (22/11/2021), ada sebanyak 40.489 kasus baru Covid-19 yang dilaporkan di Jerman.

3. Belanda

negara eropa
Demonstrasi warga menolak kebijakan lockdown di Amsterdam, Belanda (REUTERS/Eva Plevier)

Belanda mencatatkan sebanyak 23.002 kasus baru Covid-19 pada Senin (22/11/2021). Negara itu pun berencana kembali melakukan penguncian wilayah atau lockdown.

Ribuan warga Amsterdam pada Sabtu (20/11/2021) melakukan aksi demonstrasi menolak rencana kebijakan lockdown yang akan diterapkan pemerintah menjelang libur Natal dan Tahun Baru.

Sebelumnya, warga Belanda juga diberi kebebasan untuk tidak menggunakan masker apabila sudah menerima vaksin dosis lengkap.

Namun warga diwajibkan untuk menggunakan masker jika berada di dalam ruangan atau di dalam transportasi publik seperti bus dan kereta.

4. Prancis

negara eropa
Penonton sepak bola di Parc des Princes, Paris, Prancis (REUTERS/Benoit Tessier)

Sama seperti negara Eropa lainnya, warga Prancis juga diperbolehkan untuk mendatangi stadion untuk menyaksikan pertanding olahraga asalkan sudah menerima vaksin dosis lengkap.

Warga di negara itu juga terlihat sudah jarang menggunakan masker dan bebas berada di dalam kerumunan meski kasus Covid-19 terus meningkat.

Pada Senin (22/11/2021), Prancis mencatatkan kasus baru Covid-19 sebanyak 5.266 kasus. Sementara sehari sebelumnya, kasus baru di negara itu mencapai 19.749 kasus.

5. Spanyol

negara eropa
Warga berkumpul di sebuah restoran di Benidorm, Spanyol (REUTERS/Eva Manez)

Kasus Covid-19 di Spanyol perlahan-lahan mulai menunjukkan adanya peningkatan. Pada Senin (22/11/2021), negara itu mencatat kasus baru Covid-19 sebanyak 5.291 kasus.

Kendati demikian, kehidupan warga Spanyol terlihat semakin normal. Jarang yang terlihat menggunakan masker dan bebas berkerumun menyaksikan pertandingan olahraga di dalam stadion.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Nanda
Dina

Dina

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US