Mengenal Tempat Pemandian di Korea, Ini 9 Panduan untuk Wisatawan
Tempat pemandian tradisional di Korea jjimjilbang (Dok. Korea Tourism Organisation)
Travel

Mengenal Tempat Pemandian di Korea, Ini 9 Panduan untuk Wisatawan

Sering dijadikan tempat berkumpul

Selasa, 10 Desember 2019 16:18 WIB 10 Desember 2019, 16:18 WIB

INDOZONE.ID - Tempat pemandian tradisional adalah bagian penting dari budaya Korea kontemporer. 

Secara harfiah 'kamar berpemanas' jjimjilbang adalah tempat penduduk setempat datang untuk bersantai, jalan-jalan dan menikmati beragam ritual kesehatan dan kecantikan yang jauh dari sekadar berendam cepat. 

Pemandian Korea menarik anak muda hingga manula (manusia lanjut usia). Terdapat beberapa aturan untuk kamu yang baru pertama kali mengunjungi jjimjilbang. Rasakan sensasinya seperti orang lokal. 

Jjimjilbang sering dijadikan tempat berkumpul sekelompok teman pada Jumat malam yang dinamakan spa date, tidak mengherankan mengingat harga masuknya yang terjangkau, sekitar 9.000-13.000 won. 

Jika jjimjilbang lebih bagus, tersedia restoran, kolam renang luar ruangan, salon rambut dan kuku, dan ruang karaoke di samping pemandian, dan terdapat sauna pula. 

Untuk wisatawan asing, berikut panduan yang bisa kamu lakukan saat di tempat pemandian Korea, dilansir dari Lonely Planet

1. Melewati pintu 

Hal pertama yang mungkin kamu lihat ketika kamu berjalan masuk ke pintu adalah dinding loker kecil. 

Loker kecil ini untuk sepatu kamu, selipkan di dalam dan bawa kunci loker kamu di tangan ke meja depan. 

Bayar - harga yang tertera sudah dipasang di meja resepsionis dan serahkan kunci loker sepatu kamu. Sebagai gantinya, kamu akan diberi kunci loker baru untuk ruang ganti (terkadang kunci pertama digunakan untuk keduanya). Kamu juga akan diberi handuk dan sepasang piyama katun. 

Banyak juga jjimjilbang yang menggunakan kunci elektronik, yang berfungsi ganda sebagai tab, staf akan mencatat nomor kunci loker kamu jika kamu menambahkan layanan apa pun di dalamnya (seperti scrub atau pijatan), untuk menagih pelanggan di akhir. 

Staf meja depan pun akan mengarahkan kamu ke ruang ganti sesuai gender yang sesuai. Jika staf tidak mengarahkan, kamu bisa masuk ke pintu nam untuk pria dan pintu yeo untuk wanita.

2. Ruang ganti

Kunci di tangan kamu memiliki nomor di atasnya - itu adalah loker kamu, tempat kamu menyimpan pakaian atau apa pun yang kamu bawa. 

Kebanyakan jjimjilbang memiliki dua area berbeda, yaitu pemandian, yang hanya diperuntukan untuk berjenis kelamin sama, dan area sauna, yang bersifat umum. 

Kamu bisa bebas ingin mengunjungi yang mana dahulu, meskipun kebanyakan orang lebih suka mandi dahulu sebelum berkeringat - walaupun akhirnya dibilas kembali. 

Tapi inilah hal penting yang perlu kamu ketahui, jika kamu ingin pergi mandi, kamu perlu melepas semua pakaian, hanya membawa handuk kecil dan perlengkapan mandi. 

Jika kamu ingin pergi ke sauna, ganti dengan piyama. Kenakan kunci loker kamu yang ada di pergelangan tangan untuk berganti pakaian. 

3. Kamar mandi 

Ilustrasi kamar mandi (Pexels/PhotoMIX Ltd.)
Ilustrasi kamar mandi (Pexels/PhotoMIX Ltd.)

Aturan utama di sini adalah kamu perlu mencuci sebelum masuk ke kamar mandi. Akan ada barisan stasiun cuci dan tumpukan bangku plastik, ambil satu dan pilih keran. Akan ada sabun, tapi kemungkinan tidak ada sampo atau kondisioner, jadi kamu harus membawa sendiri. 

Tidak perlu khawatir, karena sebagian besar toko di Korea menjual paket sekali pakai untuk berbagai perlengkapan mandi di jjimjilbang. 

Sebenarnya kamu tidak harus mencuci rambut tetapi jika rambut kamu panjang. pastikan kamu mengikatnya agar tidak tertinggal di bak mandi. Setelah bersih, pergilah ke bak. 

Bak besar biasanya akan ada berbagai suhu dari sekitar  38° C hingga sekitar 42° C dan juga ada bak dingin. Kebanyakan jjimjilbang memiliki kolam berendam dalam ruangan, tetapi beberapa juga ada yang di pemandian terbuka (luar ruangan). 

Sebenarnya waktu berendam bebas, tetapi disarankan cukup 20 menit untuk waktu terbaik. Untuk bisa bertahan selama itu, cara terbaik adalah menjaga jantung tetap di atas air. 

4. Melakukan scrub 

Orang Korea dan wanita khususnya tergila-gila pada eksfoliasi (pengelupasan kulit) dengan menggunakan scrub. Kamu juga bisa membeli handuk dan sarung tangan untuk menggosok kulit yang akan dieksfoliasi. 

Kamu juga bisa memilih scrub profesional yang disebut seshin. Di sudut kamar mandi akan ada beberapa meja plastik yang digawangi oleh ajumma (bibi) untuk menggosok badan kamu untuk eksfoliasi. Dan jika pria akan digosok oleh laki-laki juga.

Kamu bisa melakukan scrub ini setelah berendam sebentar, yang menyisakan uap dari bak mandi untuk mengendurkan kulit kamu.

Harga sekali scrub berkisar 15.000-20.000 won, dan kamu juga bisa dipijat setelahnya dengan kisaran harga 60.000 won. 

5. Menanggalkan baju 

Tempat pemandian (Dok. Dushan Hanuska / CC BY-SA 2.0)
Tempat pemandian (Dok. Dushan Hanuska / CC BY-SA 2.0)

Bagian tersulit dari pengalaman bagi banyak pemula adalah telanjang di depan orang asing. Jangan takut, orang Korea menganggap ini adalah bagian yang normal dari mengunjungi jjimjilbang dan kamu tidak akan diberikan pandangan aneh oleh orang lain. 

Tetapi kamu bisa menggunakan handuk untuk menutupi diri kamu saat berjalan-jalan - handuknya berukuran kecil jadi tidak mudah. 

Kamu tidak harus membawa handuk ke dalam air, tetapi kamu harus menjaganya tetap kering agar handuk bisa digunakan kembali ke ruang ganti. 

Cara terbaik untuk menggunakan handuk adalah memakainya di kepala, menggulung ujungnya agar terlihat seperti domba, dan berbentuk lucu. 

6. Sauna 

Mungkin kamu membayangkan, sauna adalah ruang beruap yang dipanaskan hingga mencapai suhu neraka, tetapi berbeda dengan sauna Korea. 

Sauna tradisional Korea atau disebut hanjeungmak adalah tungku batu atau tanah yang dipanaskan hingga antara 50 dan 90 derajat celsius dan benar-benar sangat menyenangkan. 

Ketika kamu berbaring di atas tikar rami (atau kadang-kadang garam atau kristal giok), batu yang dipanaskan akan dengan lembut menghangatkan tubuh kamu, dan setelah sekitar 15-20 menit, kamu akan mulai berkeringat. 

Sebenarnya cukup mudah untuk tertidur, tetapi ingatlah bahwa kamu berisiko mengalami dehidrasi. 

Selama di sauna kamu bisa memesan sikhye manis, minuman beras tradisional yang difermentasi biasanya dijual di jjimjilbang. 

Kamu juga bisa membeli telur yang telah dikukus di sauna (disebut maekbanseok gyeran).

7. Kamar tidur 

Jjimjilbang buka 24 jam, dan jika kamu ingin menginap di sini, kamu akan lebih hemat, lho. 

Kamu bisa memilih kamar tidur yang sederhana, kamar tidur dengan sebuah ruangan luas dengan beberapa kasur plastik tipis (benar-benar tipis) dan balok-balok plastik licin untuk bantal. 

Di tempat yang lebih bagus, kamar tidurnya menyerupai hotel kapsul dengan dua tingkat ruang sempit yang menawarkan sedikit privasi

Beberapa kamar memiliki ruang terpisah untuk wanita dan si pendengkur (kamu bisa memakai penyumbat telinga). 

Beberapa kamar juga memiliki selimut untuk dipinjam atau disewakan, meskipun kamar biasanya dipanaskan - gaya ondol tradisional di bawah lantai - sehingga selimut sebenarnya tidak diperlukan. 

8. Jjimjilbang umum 

Kamu juga bisa mengunjungi jjimjilbang umum, yang biasanya terdapat ruang umum besar di mana orang-orang berkumpul untuk menonton TV, duduk di kursi pijat, memakan camilan, dan dijadikan tempat nongkrong anak muda. 

Area-area ini bercampur dan tidak telanjang, jadi pastikan kamu mengenakan piyama yang disediakan. 

Beberapa jjimjilbang yang lebih mewah, seperti Dragon Hill Spa di Seoul, memiliki area kolam renang outdoor, hot tub, dan zona hiburan seperti arcade untuk membuat pengunjung sibuk hingga sepanjang malam.

9. Keluar 

Bagian ini mudah, serahkan kunci loker kamu ke staf meja depan dan mereka akan memberikan tagihan untuk biaya apa pun yang kamu lakukan di dalam jjimjilbang. 

Setelah kamu membayar, kamu akan mendapatkan kunci loker sepatu dan peralatan apa saja yang kamu bawa. 

Kebanyakan jjimjilbang ternyata mengharapkan kamu untuk tidak menginap lebih dari satu malam, lho

Meskipun di beberapa tempat seperti Siloam Sauna di Seoul, memungkinkan kamu untuk menginap beberapa malam untuk datang dan pergi. Dan berharap kamu akan kembali ke tempat ini lagi. 

Itu dia panduan yang bisa kamu lakukan di tempat jjimjilbang. Apakah kamu tertarik ke tempat pemandian saat berada di Korea sana? 

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Bela
Bela

Bela

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU