The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Short Escape ke Sawah, Tempat Healing Selain Pantai dan Gunung!
Kawasan sawah terasering di Tulungagung (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)
Travel

Short Escape ke Sawah, Tempat Healing Selain Pantai dan Gunung!

Jumat, 14 Januari 2022 15:41 WIB 14 Januari 2022, 15:41 WIB

INDOZONE.ID - Enggak melulu ke pantai dan gunung, melepas penat di sawah juga enggak kalah seru lho! Eits, jangan salah, sawah di beberapa daerah Indonesia bukan sekadar sawah biasa.

Karena berundak-undak, sawah ini disebut sebagai terasering. Spotnya cantik dan instagenic, seperti yang populer di Desa Tegalalang, Ubud, Bali. Area tersebut menjadi salah satu destinasi wisata favorit khususnya bagi para wisatawan mancanegara.

terasering Tulungagung
Sawah cantik yang jadi wisata unggulan di Tulungagung (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Namun tahukah kamu kalau keindahan sawah terasering enggak hanya ada di Ubud Bali, tapi juga ada di sejumlah daerah di Indonesia. Salah satunya ada di wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Terletak di Desa Tiudan, Kecamatan Gondang, sawah terasering di desa ini juga enggak kalah indahnya. Terhampar luas bak permadani hijau, sawah terasering ini juga bisa jadi tempat healing saat stres melanda.

Sawah ini berbeda dari yang lainnya, karena punya sebuah danau di sekeliling areal persawahan. Makanya pemandangan di sawah terasering Desa Tiudan memukau, terutama dari ketinggian.

desa tiudan
Sawah cantik di Desa Tiudan, Tulungagung (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Sebenarnya danau ini merupakan sebuah aliran sungai yang sengaja dibendung hingga menyerupai sebuah danau. Ini karena enggak jauh dari lokasi sawah terasering terdapat sebuah dam pengendali atau check dam, yaitu Dam Kleben.

Karena keindahan alamnya, kawasan ini banyak dikunjungi warga sekitar dan wisatawan dari luar kota.

dam kleben
Dam Kleben di sekitar sawah terasering (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Kamu bisa berfoto-foto atau nongkrong di warung-warung kopi di sekitar lokasi. Menikmati pemandangan danau, ditambah udara sejuk khas persawahan, serta secangkir kopi, memang bisa membuat siapa saja betah berlama-lama.

Sri Yuniati, salah satu pengunjung, mengaku sudah beberapa kali datang ke tempat ini. Baik berdua dengan suami, maupun ramai-ramai bareng sesama goweser.

“Di sini pemandangan alamnya sangat indah, mas. Jadi, bagus buat foto-foto. Kadang saya kesini bersama suami, tapi kadang bersama teman-teman sesama goweser. Di sini memang enak sih, udaranya sejuk,” kata Sri Yuniati kepada Tim IDZ Creators.

desa tiudan
Warung kopi di sekitar sawah terasering (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Enggak ada tiket masuk untuk setiap pengunjung sawah terasiring dan Dam Kleben. Masyarakat bebas berkunjung mulai pagi sampai petang hari. Kamu juga enggak perlu merogoh kocek untuk bayar parkir kendaraan. Jadi semuanya gratis!

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Hasan Syamsuri
Hasan Syamsuri

Hasan Syamsuri

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US