Sandiaga Uno: Parade WJNC Jadi Momentum Kebangkitan Parekraf di Yogyakarta

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 11:54 WIB
Pagelaran seni budaya Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) di Yogyakarta. (Dok. Kemenpareraf)
Pagelaran seni budaya Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) di Yogyakarta. (Dok. Kemenpareraf)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi pagelaran seni budaya Wayang Jogja Night Carnival (WJNC). Acara tersebut menjadi puncak acara ulang tahun Kota Yogyakarta ke-265.

Ajang itu juga diharapkan Sandiaga menjadi momentum kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Gudeg.

"Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) ini kita apresiasi lantaran diikuti beberapa pelaku seni dari 14 Kecamatan atau Kemantren di Kota Yogyakarta yang berhasil mengorkestrasi penampilan sekelas parade carnaval di New Orleans, Amerika Serikat," kata Sandiaga Uno saat membuka gelaran WJNC di Stadion Mandala Krida, Kota Yogyakarta, Kamis (7/10/2021) malam.

-
Pagelaran seni budaya Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) di Yogyakarta. (Dok. Kemenpareraf)

Para penampil yang terdiri dari 14 Kemantren itu berpentas di empat area, yakni area Indraprasta (bercerita tentang para Kesatria-Romance); Pancawati (Kerajaan Kera-Tragedi); Astina (Kerajaan Jin-Komedi), hingga Khayangan (Dewa-Romance) yang tampil secara berurutan.

Sandiaga juga menyebut event yang bertajuk Semar Boyong itu menjadi bagian dari kegiatan-kegiatan terbaik yang dimiliki pariwisata Indonesia yaitu Kharisma Event Nusantara (KEN). Terlebih inovasi dari kegiatan ini, di mana sebelum pandemi, kegiatan ini terpusat di satu tempat dan saat ini semakin berinovasi.

Jika tahun sebelumnya peserta pawai bergerak, tahun ini justru penonton yang berpawai menyaksikan suguhan. Penonton melaju dari panggung ke panggung, dengan menunggangi kendaraan hias.

-
Menparekraf Sandiaga Uno menyaksikan pagelaran seni budaya Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) di Yogyakarta. (Dok. Kemenpareraf)

 

BACA JUGA: Masyarakat Dieng Kulon Berharap Jadi Lokasi Uji Coba Pembukaan Destinasi

"Harus diapresiasi, apalagi Kota Yogyakarta sangat serius dalam upaya recovery, dengan menuntaskan vaksinasi, itu menjadi momentum kebangkitan dan pengembangan pariwisata," lanjut Sandiaga.

Sandiaga juga mengapresiasi peluncuran city branding dari Kota Yogyakarta yaitu 'YK' (Yogya Keren). Ia berharap brand tersebut bisa memiliki brand value yang baik dan tidak kalah dengan kota-kota yang ada di dunia seperti New York dan Paris.

"YK the city of creative bisa kita promosi dan sosialisasikan agar kelasnya bisa mendunia, tidak kalah dengan New York the city that never sleep atau Paris the city of love. Ini adalah awal kebangkitan parekraf dan ditandai dengan peluncuran YK," katanya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

7 Tips Memilih Hotel untuk Liburan Bersama Keluarga

Minggu, 14 April 2024 | 13:10 WIB
X