The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Masya Allah! Ini Masjid Terbesar dan Tertua di Washington DC, Jadi 'Rumah' Imigran Muslim
Masjid Islamic Center Washington DC, Amerika Serikat. (Z Creators/Susi Fatimah)
Travel

Masya Allah! Ini Masjid Terbesar dan Tertua di Washington DC, Jadi 'Rumah' Imigran Muslim

Kamis, 24 November 2022 10:29 WIB 24 November 2022, 10:29 WIB

INDOZONE.ID - Di Indonesia Islam menjadi agama mayoritas. Bahkan Indonesia dikenal sebagai negara muslim terbesar di dunia. Namun, berbeda dengan di Amerika, Islam menjadi agama minoritas.

Di Ibu Kota Amerika, Washington DC terdapat sekitar sembilan masjid. Salah satunya Islamic Center yang terletak di 2551 Massachusetts Ave NW, Washington, DC 20008, United States, menjadi masjid terbesar dan tertua di kota tersebut. 

islamic centre washington dc
Masjid Islamic Center Washington DC, Amerika Serikat. (Z Creators/Susi Fatimah)

Ide pembangunan Masjid Islamic Center ini tercetus pada November 1944 oleh M Abu Al Hawa dengan mantan Duta Besar Mesir, Mahmood Hassan Pasha. 

Setelah itu, sejumlah diplomat dan komunitas Muslim Amerika membentuk Yayasan Masjid Washington. Melalui yayasan inilah mereka mengumpulkan dana untuk mendukung pembangunan masjid di Ibu Kota Amerika. 

islamic centre
Suasana di Masjid Islamic Center Washington DC, Amerika Serikat. (Z Creators/Susi Fatimah)

Islamic Center Washington akhirnya diresmikan pada 28 Juni 1957 oleh mantan Presiden Amerika, Eisenhower. Masjid Islamic Center memiliki desain interior dengan ukiran dinding masjid yang sangat indah. 

Terdapat juga kalimat-kalimat suci Al-Qur'an menghiasi dinding-dinding masjid tersebut. Di bagian tengah kubah masjid bagian dalam terdapat lampu gantung hias berwarna perunggu yang enggak kalah cantiknya.

Baca juga: Nyobain Mie Ayam Indonesia di Amerika, Seporsi Hampir Rp200 Ribu Harus Rela Antre Sejam!

islamic center
Suasana di Masjid Islamic Center Washington DC, Amerika Serikat. (Z Creators/Susi Fatimah)

Setiap harinya Masjid Islamic Center ramai dikunjungi jemaah yang ingin melaksanakan salat lima waktu. Banyak juga di antara mereka yang merupakan turis. Usai salat, mereka memilih mengabadikan momen dengan berfoto-foto di bagian halaman masjid. 

Masih di kawasan Islamic Center, berdiri sebuah toko yang menjual berbagai kebutuhan umat Muslim seperti sajadah, baju gamis, tasbih, kurma, buku-buku Islam, kopiah, parfum, hingga air zamzam.

Setiap harinya, toko ini ramai didatangi oleh para jamaah yang ingin berbelanja kebutuhan. Biasanya mereka yang habis melaksanakan shalat di Masjid Islamic Center menyempatkan diri mampir ke toko ini. 

islamic center
Air zamzam bisa dibeli Masjid Islamic Center Washington DC, Amerika Serikat. (Z Creators/Susi Fatimah)

Mereka yang datang mayoritas merupakan imigran Muslim yang menetap di Washington DC dan sekitarnya, seperti imigran dari Timur tengah, Afghanistan, Pakistan, hingga Muslim dari Afrika.

Harga yang ditawarkan pun bervariasi. Untuk satu botol air zamzam dijual dengan harga $3 (Rp46.990). Begitu juga harga buku-buku bertema Islami dijual mulai dari $3 hingga $10 (Rp156.632). 

Namun sayangnya, sistem pembayaran di toko ini enggak menggunakan kartu debit atau kredit. Hanya menggunakan uang tunai. Walau begitu, penjaga toko menyiapkan nomor telepon (zelle) untuk mereka yang mau berbelanja dengan sistem transfer dengan mobile banking. 

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Yayan Supriyanto
Susi Fatimah
Susi Fatimah

Susi Fatimah

Community Writer
JOIN US
JOIN US