The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kini Pramugari Sudah Diajarkan Bela Diri, Menghadapi Penumpang yang Nakal
Pramugari. (photo/Ilustrasi/Pexels/Kelly Lacy)
Travel

Kini Pramugari Sudah Diajarkan Bela Diri, Menghadapi Penumpang yang Nakal

Jumat, 30 Juli 2021 11:01 WIB 30 Juli 2021, 11:01 WIB

INDOZONE.ID - Penumpang nakal yang mengganas semakin banyak pada masa pandemi ini. Untuk mengatasi hal itu, para pramugari di negara ini mulai latihan bela diri. Melansir CNN, terdapat begitu banyak penumpang mengganas saat diperingatkan pramugari terkait protokol kesehatan.

Bahkan, ada yang tak terima hingga melukai kru kabin pesawat. Tanggapi kejadian di atas, Administrasi Keamanan Transportasi Amerika Serikat pun melatih kembali ratusan pramugari pada musim gugur ini. Kursus bela diri ini sebenarnya adalah program lanjutan kegiatan setengah dari 2004 silam. 

Pada kursus bela diri, para pramugari akan diajarkan bagaimana menyerang, menginjak, dan lakukan penyerangan yang kejam. Skenario itu menurut pramugari tidak akan pernah mereka temui. Ketika dunia penerbangan mulai aktif kembali, jumlah penumpang yang nakal dan kejam melonjak. 

Terdapat lebih dari 100 insiden dilaporkan ke Administrasi Penerbangan Federal pada minggu lalu dengan total lebih dari 3.600 kasus sepanjang tahun ini. Pramugari nantinya diajari serangkaian teknik de-eskalasi untuk menangani penumpnag yang sulit diberikan pengertian. 

Karena terdapat banyak penumpang nakal yang tidak mau merapikan kembali meja belakang kursi atau yang bersikeras agar koper besar muat di bagasi atas. Para instruktur ajarkan berbagai keterampilan ke pramugari, dari sikap bertahan sampai pukulan dapat diberikan kepada calon pembajak pesawat. 

"Anda mungkin akan mati. Anda harus membela diri dengan segala cara," kata seorang instruktur yang tidak dirahasiakan namanya karena mereka adalah angkatan udara federal.

Sebagian besar pertemuan tidak akan pernah naik ke level itu. Dalam satu contoh, FAA mengatakan ada seorang penumpang yang mencoba buka pintu kokpit dan secara fisik menyerang seorang pramugari dengan memukul wajahnya dan dorong ke lantai. 

Dalam contoh lain, serikat pekerja yang mewakili pramugari di Southwest Airlines mengatakan adanya seorang penumpang memukul pramugari hingga merontokkan dua giginya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US