The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Burung Terbesar di Dunia Punya Sayap tapi Gak Bisa Terbang, Ada di Indonesia!
Burung yang punya sayap tapi gak bisa terbang (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)
Travel

Burung Terbesar di Dunia Punya Sayap tapi Gak Bisa Terbang, Ada di Indonesia!

Sabtu, 12 Maret 2022 13:33 WIB 12 Maret 2022, 13:33 WIB

INDOZONE.ID - Tahukah kamu kalau dari sekian banyak jenis burung di dunia, enggak semuanya bisa terbang. Ada juga beberapa jenis burung yang ternyata enggak punya kemampuan untuk terbang meskipun punya sayap.

Nah, beragam jenis burung yang enggak bisa terbang itu bisa kamu jumpai di zona ‘Walking Bird’ diobjek wisata Eco Green Park Kota Batu, Jawa Timur.

eco green park
Gerbang masuk 'Walking Bird' (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Memasuki zona ini kamu akan disambut dengan papan nama berukuran cukup besar bertuliskan ‘Welcome to Walking Bird, Serunya Berjalan Bersama Burung Besar Dunia’. Selanjutnya kamu akan diajak menyusuri jalan berpagar kayu yang sekaligus menjadi pembatas antara pengunjung dengan kandang burung-burung berukuran besar.

eco green park
Salah satu burung berjalan di Eco Green Park (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Uniknya pagar pembatas ini enggak terlalu tinggi sehingga kamu bisa berinteraksi dengan burung-burung tersebut. Termasuk bisa membelai lembut kepala burung yang mendekati kamu. Namun yang perlu diperhatikan, enggak semua burung boleh didekati karena ada beberapa jenis burung yang suka mematuk.

eco green park
Bisa melihat burung berjalan dari dekat (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Enggak sekedar berwisata, di sini kamu bisa sambil mengenal burung-burung besar dan cara burung-burung tersebut hidup di habitatnya.

Koleksi burung-burung besar di zona ‘Walking Bird’ sendiri cukup banyak, diantaranya bangau tongtong, garza, emu, kasuari dan burung unta.

Nah, kalau burung lain selalu identik dengan kepakan sayap dan kemampuan terbangnya, burung di zona ini justru enggak bisa terbang dan menghabiskan hidupnya hanya di daratan.

eco green park
Kandang burung dilengkapi papan keterangan jenis burung (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Mereka bergerak dan berpindah tempat dengan berjalan, berlari, atau melompat. Hal itu disebabkan oleh ukuran tubuhnya yang terlampau besar, sehingga terlalu berat untuk bisa terbang.

eco green park
Burung unta bisa berlari kencang (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Burung unta misalnya, dengan berat tubuh yang bisa mencapai 120 kg, burung unta merupakan spesies burung terbesar di dunia, justru enggak bisa terbang sama sekali. Sebagai gantinya, mereka memiliki kaki yang panjang dan sangat kuat untuk berlari. Burung unta dewasa bahkan mampu berlari dan menempuh jarak hingga 70 km per jam.

Selain burung-burung besar yang hanya bisa berjalan kaki, pengunjung Eco Green Park juga bisa berinteraksi langsung dengan burung besar lainnya yang terbilang cukup langka yaitu burung merak putih (white peacock). Di wahana ini bahkan kamu boleh masuk ke dalam kandang burung berbulu cantik itu. Seru, kan?

eco green park
Bisa berinteraksi dengan sejumlah burung (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Kalau penasaran dan ingin melihat langsung sosok burung-burung ‘raksasa’ tersebut, Eco Green Park letaknya berdampingan dengan Jawa Timur Park 2. Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.30-16.30 WIB. Harga tiket masuknya saat weekday Rp50 ribu dan saat weekend Rp75 ribu per orang.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini 

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Hasan Syamsuri
Hasan Syamsuri

Hasan Syamsuri

Community Writer
JOIN US
JOIN US