The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Waw! Lebih dari Setengah Abad, Jembatan Gantung Ini Bertahan Sepanjang Zaman
Jembatan yang masih terjaga dan terawat (Nadhila Zahrin Azmina/IDZ Creators)
Travel

Waw! Lebih dari Setengah Abad, Jembatan Gantung Ini Bertahan Sepanjang Zaman

Sabtu, 14 Mei 2022 14:45 WIB 14 Mei 2022, 14:45 WIB

INDOZONE.ID - Berusia lebih dari setengah abad, atau dibangun pada tahun 1930-an, Jembatan Duwet masih terawat hingga saat ini.

Jembatan Duwet berlokasi di Pedukuhan Duwet, Desa Banjar Harjo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan menghubungkan dua wilayah yang dipisahkan oleh sungai Progo dengan tebing yang sangat tinggi dengan tingkat kecuraman hingga 100 meter.

jembatan duwet
Sejarah jembatan tua di Yogyakarta (Nadhila Zahrin Azmina/IDZ Creators)

Dua wilayah yang dihubungkan oleh jembatan Duwet antaranya Banjar Harjo, Kali Bawang, Yogyakarta dan wilayah Kecamatan Ngluwar, Magelang.

Pada 1948 silam atau masa Clash II, Jembatan Duwet sempat dirusak untuk menghambat gerak laju pergerakan pasukan Belanda. Jembatan akhirnya kembali diperbaiki pada 1960 silam.

jembatan duet
Jembatan gantung sempat dirusak dan dibangun kembali (Nadhila Zahrin Azmina/IDZ Creators)

Jembatan Duwet merupakan jembatan dengan kontruksi baja, sistem penyambung pada Jembatan Duwet menggunakan sistem skrup dan las. Jembatan yang memiliki bentangan 100 meter dan lebar 1.5 meter itu menggunakan sistem gantung.

Selain itu, Jembatan Duwet menggunakan penahan beban yang ditumpukan pada kawat baja yang dipilin atau dikepang dan membentang di kedua sisinya. Bentangan kedua kawat baja yang dikepang ini dikunci di kedua ujung jembatan dengan sistem skrup dan cor beton.

jembatan duwet
Jembatan dikunci dengan sistem skrup dan cor beton (Nadhila Zahrin Azmina/IDZ Creators)

Jembatan Duwet tersebut ditetapkan pemerintah sebagai Bangunan Cagar Budaya (BCB). Jembatan Duwet juga memperoleh penghargaan sebagai pelestarian warisan budaya 2008 kategori nongedung. Penghargaan tersebut diberikan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X pada 12 November 2008.

Sebagai BCB, jembatan Duwet punya kontruksi yang unik dengan bentangan kawat baja dan sistem sambungan antar lempeng baja yang bersilang.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Nadhila Zahrin Azmina
Nadhila Zahrin Azmina

Nadhila Zahrin Azmina

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US