The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Aceh Gelar Festival Ramadhan, Promosikan Wisata Halal Mulai Fesyen Sampai Kuliner
Masjid Raya Jabal Ghafur di Blang Pidie. (Foto/Instagram/acehtourismtravel)
Travel

Aceh Gelar Festival Ramadhan, Promosikan Wisata Halal Mulai Fesyen Sampai Kuliner

Kamis, 07 April 2022 20:20 WIB 07 April 2022, 20:20 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh akan menggelar Aceh Ramadhan Festival (Ramfest) 2022 di Taman Seni dan Budaya di Banda Aceh, pada tanggal 13 – 19 April 2022.

Kepala Disbudpar Aceh Jamaluddin, di Banda Aceh, Kamis, (7/4/2022) mengatakan, Aceh Ramadhan Festival 2022 merupakan kegiatan menyambut sekaligus memeriahkan hadirnya bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah.

“Kegiatan rutin tahunan ini juga akan menampilkan ragam makanan dari pelaku UMKM hingga pertunjukan seni,” katanya seperti yang dilansir Antara.

Ia menjelaskan, kegiatan bertema "Wonderful Ramadhan in Aceh" ini juga masuk dalam salah satu program Kharisma Event Nusantara (KEN) yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Ia mengatakan, kehangatan masyarakat Aceh dalam menyambut dan menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan itu akan dapat dinikmati lewat gelaran Aceh Ramadhan Festival 2022.

Kegiatan ini juga memperkenalkan nilai-nilai syariat, tradisi dan budaya masyarakat Aceh dalam merayakan Ramadhan sebagai objek wisata halal potensial.

Ramadhan festival kali ini menawarkan pula beragam menu berbuka puasa dengan variasi menu tradisional hingga tren kuliner kekinian.

Selain takjil, juga ada sajian makanan utama dan kopi, serta hidangan khanduri kanji rumbi yang telah disiapkan untuk para pengunjung.

“Dalam kegiatan ini juga ada bazaar Pasar Takjil, Khanduri Ramadhan, Ngabuburide Sepeda Santai, Art Performance, Festival Peh Tem (membangunkan sahur), Balee Beut; Kajian Alquran, hingga musabakah anak saleh akan disajikan dalam acara ini,” katanya.

Aceh Ramadhan Festival 2022  menyediakan berbagai macam kebutuhan untuk menyambut Lebaran seperti ada fesyen, kue Lebaran, hantaran (hampers) dan ragam produk lainnya yang berasal dari pelaku UMKM Aceh.

Tidak ketinggalan, bagi para konten creator, influenser juga bisa ambil bagian dalam kegiatan ini untuk mengikuti lomba foto dan video, serta ambil bagian memviralkan kemeriahan ini dengan tagar #AcehRamadhanFestival #AcehRamFest #wonderfulramadhaninaceh #ramadhandiaceh #thisisaceh dan #thelightofaceh

Jamaluddin menyadari, situasi ekonomi masyarakat Aceh saat ini mulai bangkit pasca-pandemi COVID-19, sehingga pihaknya mewadahi pelaku UMKM yang terdampak pandemi melalui kegiatan pariwisata unggulan Aceh ini.

“Ini tentunya memberikan dampak positif terhadap para pelaku UMKM dan industri kreatif dalam rangka meningkatkan ekonomi dalam masa pemulihan dari krisis akibat pandemi COVID-19,”  katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
JOIN US
JOIN US