The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mewah! Masjid Ini Dibangun Pakai Dana Pribadi Rp5 Miliar, Ornamennya dari Italia dan Mesir
Masjid megah dibangun pakai dana pribadi (Z Creators/Rudi Hartono)
Travel

Mewah! Masjid Ini Dibangun Pakai Dana Pribadi Rp5 Miliar, Ornamennya dari Italia dan Mesir

Minggu, 11 September 2022 08:00 WIB 11 September 2022, 08:00 WIB

INDOZONE.ID - Di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, sejumlah masjid dibangun megah dengan menghabiskan dana mencapai milyaran Rupiah. Baik yang dibangun oleh pemerintah maupun dermawan yang ada di kota Parepare. Namun salah satu masjid yang jadi pusat perhatian adalah Masjid Nur Yasmin.

masjid nur yasmin
Jemaah di Masjid Nur Yasmin (Z Creators/Rudi Hartono)

Masjid Nur Yasmin dibangun oleh Haji Nurmianto, salah satu pengusaha Parepare  yang berbisnis barang impor. Ia menggelontorkan dana dari kocek pribadinya demi membangun masjid yang diklaim termegah di Parepare, karena menghabiskan dana sampai Rp5 miliar!

"Masjidnya dibangun almarhum Aji Nurmianto. Beliau sendiri yang membeli semua pelengkap dekorasi yang dipasang di dalam masjid. Rp5 milyar lebih itu uang yang dipakai buat bangun masjid ini,” terang Saiful, salah satu warga Kesuma Timur, Parepare.

masjid nur yasmin
Masjid Nur Yasmin termegah di Parepare (Z Creators/Rudi Hartono)

Lahan yang digunakan untuk pembangunan masjid ini awalnya adalah hutan bambu. Lokasinya yang jauh dari pusat keramaian kota membuat suasana ibadah di masjid ini lebih tenang dan nyaman.

“Banyak yang ke sini bukan karena masjidnya megah saja, tapi karena lokasinya yang jauh dari jalan raya, jadi lebih tenang kalau ibadah,” lanjut Saiful.

masjid nur yasmin
Ornamen masjid didatangkan dari Italia dan Mesir (Z Creators/Rudi Hartono)

Konon sejumlah barang dan ornamen yang terpasang di masjid ini didatangkan langsung dari Mesir hingga Italia. Kaligrafi yang terpasang juga merupakan hasil karya dari seniman ternama di Tanah Air.

"Masjidnya memang tidak terlalu luas sih, tapi ada dua lantai. Jemaah perempuannya di lantai dua, kalau laki-laki di lantai dasar,” tambah Saiful.

Jemaah masjid ini sendiri enggak hanya berasal dari kota Parepare. Sejumlah warga dari daerah tetangga juga sengaja datang beribadah di tempat ini karena penasaran dengan kemewahan interior yang ada di dalam masjid.

"Saya dari Pinrang, jadi ke sini karena penasaran dengan masjidnya, ternyata memang luar biasa megah. Masjidnya cantik sekali,” ujar Safri, salah satu jemaah masjid saat ditemui Tim Z Creators, Rudi Hartono.

Masjid Nur Yasmin berlokasi di Jalan Kesuma Timur, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare. Dari pusat kota jaraknya sekitar 3 kilometer.

Setiap Jumat pengurus dan remaja masjid ini rutin membagikan paket makanan untuk jemaah masjid dan warga sekitar. 

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Rudi Hartono
Rudi Hartono

Rudi Hartono

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US