Cek Yuk, Ini Rekomendasi Tempat Wisata Halal di Australia
Ilustrasi wisata halal di Australia (Unsplash/@qwe102904)
Travel

Cek Yuk, Ini Rekomendasi Tempat Wisata Halal di Australia

Kamis, 16 Januari 2020 17:06 WIB 16 Januari 2020, 17:06 WIB

INDOZONE.ID - Saat ini, tren wisata halal banyak diincar para pelancong dari berbagai belahan dunia, tidak terkecuali wisatawan Indonesia.

Hal itu terus meningkat seiring dengan kesadaran Muslim kelas menengah untuk mengamalkan ajaran Islam.

Berbagai tempat di dunia pun berlomba-lomba mengusung konsep wisata halal untuk menarik wisatawan muslim mancanegara.

Konsep wisata halal mengacu pada beberapa kriteria, seperti pelayanan, akses, lingkungan, serta makanan dan minuman halal.

Tempat Wisata Halal di Australia

Adapun salah satu negara maju di dunia yang menyediakan pilihan tempat wisata muslim adalah Australia.

Untuk itu, Badan Resmi Tourism Australia membuat daftar rekomendasi tempat wisata ramah Muslim di Australia Barat, Victoria, Queensland, dan New South Wales.

Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Australia Barat

tempat wisata halal di Australia Barat
Ilustrasi tempat wisata halal di Australia Barat (Unsplash/@thinkdeep)

Jika dalam waktu dekat kamu berencana traveling ke benua Australia, beberapa tempat wisata halal di Australia Barat ini bisa menjadi pilihanmu, guys.

  • Elizabeth Quay di Perth, Australia Barat

Ketika berkunjung ke negara bagian Australia Barat, khususnya Perth, wajib mengunjungi Elizabeth Quay. Tempat ini dijadikan pusat dari beragam aktivitas dan acara.

Selain itu, kamu pun bisa belajar mengenai suku Aborigin dan masyarakat Nyungar dengan mengambil tur yang disediakan Go Culture.

  • Fremantle

Area penting lainnya di Perth adalah Pasar Fremantle. Pasar ini sudah berusia lebih dari 100 tahun yang menjual barang-barang vintage termasuk kerajinan asli suku Aborigin.

Sekalian, kamu perlu mengunjungi Penjara Fremantle abad ke-19. Tak jauh dari Fremantle itu, ada area Fishing Boat yang menawarkan beragam pilihan seafood.

  • Restoran Chee Tayeb dan Tamarind Cafe

Nggak perlu bingung menemukan makanan atau minuman halal di wilayah Australia Barat, karena ada dua tempat makan halal di sini yaitu restoran Chee Tayeb dan Tamarind Cafe,

Chee Tayeb adalah restoran halal yang menyajikan masakan khas Lebanon. Sedangkan, Tamarind Cafe menyajikan masakan Indonesia-Jawa.

  • Menikmati Indian Ocean Drive

Untuk menyaksikan keindahan alam Australia Barat, cara terbaik adalah road trip dengan mengambil jalur Indian Ocean Drive.

Nantinya, kamu akan melihat begitu banyak tempat indah di sepanjang jalur 1.250 km ini, terutama pantai.

  • Taman Nasional Nambung

Kalau sudah ke Australia Barat, jangan lupa mampir ke Pinnacles di Taman Nasional Nambung ya, guys!

Di sana, para pengunjung bisa menikmati formasi batu kapur yang unik, melewati hamparan bunga-bunga liar di pinggir jalan, dan menikmati perbukitan batu di Kalbarri.

2. Victoria

tempat wisata halal di Australia Victoria
Ilustrasi tempat wisata halal di Australia, Victoria (Unsplash/@danfreemanphoto)

Victoria merupakan salah satu wilayah di Australia yang menjadi tujuan banyak pelancong untuk berlibur dan menikmati wisata ramah muslim.

  • Pusat Kota Melbourne

Lokasi pertama wisata halal di Victoria adalah Melbourne. Ibukota Victoria ini memang jadi magnet bagi pelancong dari seluruh dunia.

Pusat kota Melbourne pun terkenal dengan ciri khas arsitektur kolonial, seni kontemporer, gang-gang kecil dengan cobble stone, dan pusat perbelanjaan barang-barang unik.

  • Menelusuri Street Art

Setelah puas berkeliling di pusat kota Melbourne, perjalanan berikutnya adalah menelusuri Street Art, dimulai dari Flinders Street Station hingga ke Degraves Street.

Dari sana, kamu bisa melihat langsung karya seniman Inggris, Banksy. Kemudian, berjalanlah menuju Collins Street untuk nongkrong di kedai kopi ternama, Brother Baba Budan atau Patricia di Bourke Street.

  • Islamic Museum Australia

Kalau berlibur ke Australia, sempatkan pula untuk berwisata sejarah di Islamic Museum Australia. Ini adalah salah satu tempat menarik yang wajib dikunjungi.

Ada banyak keragaman budaya serta pengetahuan seni budaya Islam di dalamnya. Selain itu, terdapat banyak restoran halal juga di sekitar museum. Jadi, urusan lapar nggak jadi masalah kan?

  • Philip Island

Jika kamu pergi membawa serta keluarga dan anak-anak, destinasi halal di Australia berikutnya yang tak boleh dilewatkan adalah pulau Philip.

Anak-anak bisa bermain ilusi optik, puzzle, dan labirin di A Maze'N Things. Kemudian, belajar tentang cokelat di Philip Island Chocolate Factory dan bermain virtual interaktif di Nobbies Centre.

  • Menyusuri Great Ocean Road

Salah satu jalur road trip yang tidak boleh dilewatkan yakni dengan berkendara sepanjang 400 km menyusuri Great Ocean Road.

Setelah itu, jangan lupa mampir ke desa nelayan di Port Fairy atau nikmati romansa di Lorne ya!

3. Queensland

tempat wisata halal di Queensland Australia
Ilustrasi tempat wisata halal di Queensland (Unsplash/@aliceduffield)

Rasanya, kalau traveling ke Australia, kurang lengkap jika tidak berkunjung ke berbagai tempat menarik di wilayah Queensland.

  • Brisbane City Hall

Tempat wisata muslim pertama di Queensland adalah Brisbane City Hall. Pusat kota ini memiliki gaya arsitektur 80-an.

Di lokasi ini, terdapat Museum of Brisbane dan mencoba naik ke Clock Tower dengan lift antik untuk melihat pemandangan kota dari atas.

Tak jauh dari Brisbane, pengunjung bisa bersantai sejenak di taman hijau South Bank Parklands dan melihat pantai buatan Streets Beach di tengah kota.

  • Queen St.Mall

Rasakan pula keseruan berbelanja di pusat belanja dan komersial kota Brisbane, Queen St.Mall.

Setelah lelah berbelanja, pengunjung bisa mencicipi kuliner khas Timur Tengah di Mecca Bah, makanan turki di Mado Restaurants, atau steak halal di Black Hide Steakhouse.

  • Hinterland Regional Park

Taman indah ini seluas 62 hektar menjadi lokasi wisata halal yang bagus untuk rekreasi, bersantai dan menikmati suasana alam.

Soal makanan halal jangan khawatir guys, karena di sini ada Charis Seafoods atau Cocohut, restoran Thailand bersertifikasi halal.

4. New South Wales

tempat wisata halal di New South Wales Australia
Ilustrasi tempat wisata halal di New South Wales Australia (britannica.com)

Terakhir, wilayah New South Wales bisa juga menjadi pilihan kamu dan keluarga saat berlibur ke Australia. Ada apa saja ya di sini?

  • Pantai Bondi

Pantai Bondi adalah tempat pertama yang wajib dikunjungi di New South Wales. Kemudian, berlanjut ke Tamarama Beach, Bronte, Clovelly dan berakhir di Coogee Beach.

Di sepanjang jalan itu, sempatkanlah untuk berenang dan merasakan angin segar dari laut. Seru deh pokoknya, guys!

  • Taronga Zoo

Taronga Zoo adalah kebun binatang yang memiliki koleksi lebih dari 4.000 hewan asli Australia, termasuk kanguru dan koala.

Tak ketinggalan, ada juga wahana kegiatan bagi anak-anak seperti seluncur tali dan panjat tali.

  • South Coast

Terletak begitu dekat dengan laut, para pengunjung bisa menikmati seafood di wilayah penghasil tiram terbaik di Australia yaitu South Coast.

Kamu harus tau, di salah satu destinasi halal terbaik di Australia ini terdapat restoran halal bernama Pelican Rocks Seafood Restaurant and Cafe, atau Rick Stein Bannisters.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU