The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ada Ka'bah di Tengah-tengah, Makan Nasi Liwet di Sini Serasa Lagi di Mekkah
Tempat makan dengan latar Ka'bah kaya di Mekkah (Z Creators/Martin)
Travel

Ada Ka'bah di Tengah-tengah, Makan Nasi Liwet di Sini Serasa Lagi di Mekkah

Kamis, 22 September 2022 14:08 WIB 22 September 2022, 14:08 WIB

INDOZONE.ID - Saung Makkah Cangkorah di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, sukses mencuri perhatian warga dan wisatawan. Sesuai namanya, ada unsur Mekkah yang dibawa ke dalam kedai ini. Hal ini yang bikin pengunjung rela antre untuk bersantap di sini.

Di Saung Makkah Cangkorah kamu akan disambut sama sebuah replika Ka’bah berukuran 5 x 5 meter persegi dengan ketinggian dan lebar 5 meter persegi. Warnanya serupa Ka’bah yakni hitam dengan garis kuning.

saung makkah cangkorah
Replika Ka'bah di tengah area rumah makan (Z Creators/Martin)

Bangunan ini rupanya sebuah musala yang sengaja didirikan di tengah area rumah makan. Selain sebagai sarana pendukung wisata religi dan edukasi tentang tata cara umrah dan berhaji, juga untuk mengajak dan mengingatkan pengunjung beragama muslim agar salat tepat waktu.

“Awal berdirinya sebetulnya kalau operasionalnya itu di bulan Agustus 2021, jadi udah hampir satu tahun. Adapun ide dari pendirian Saung Makkah ini sebetulnya kita melihat sepanjang bantaran Saguling ini ada Villa Prancis, ada Maroko, akhirnya saya nyetusin ide kita buat aja Saung Makkah, jadi disamping rumah makan kita juga ada wisata edukasi.” Ujar Didin Ernadin, pemilik Saung Makkah Cangkorah.

Kedai ini menawarkan dua menu nasi liwet andalannya. Mulai dari paket nasi liwet ikan peda, ayam bakar, tahu-tempe dan menu paket nasi liwet ikan bakar dengan harga mulai Rp20 ribu sampai Rp25 ribu per porsi.

saung makkah
Wisatawan menikmati nasi liwet di Saung Makkah Cangkorah (Z Creators/Martin)

Nasi liwetnya disajikan menggunakan kastrol atau panci tradisional. Semakin nikmat ditambah udara Kabupaten Bandung Barat yang sejuk plus keindahan alam waduk Saguling di sekelilingnya.

saung makkah
Sensasi naik perahu mengelili Waduk Saguling (Z Creators/Martin)

Kamu juga bisa merasakan sensasi naik perahu di sekitar Waduk Saguling dengan membayar tiket seharga Rp15 ribu per orang.

“Tadi abis makan liwet enak banget pokoknya, terus abis naik perahu juga ke sana. Dikasih juga tentang tata cara umrah diajarin, jadi umrah itu ngapain aja sih, jadi tahu gitu. Bagus banget sih pokoknya cocok banget buat healing, mantap.“ Ungkap Melinda salah satu pengunjung.

Untuk bisa sampai ke tempat ini, ada dua akses yang bisa kamu lalui, satu akses masuk dari Cangkorah, dan satu lagi akses melalui Jalan Pangauban.

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Martin
Martin

Martin

Community Writer
JOIN US
JOIN US