The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hong Kong Cabut Aturan Karantina dan Tes PCR untuk Wisatawan Mulai 26 September
Wisatawan mengantre untuk bus antar-jemput ke hotel karantina di Bandara Internasional Hong Kong. (REUTERS/Tyrone Siu)
Travel

Hong Kong Cabut Aturan Karantina dan Tes PCR untuk Wisatawan Mulai 26 September

Sabtu, 24 September 2022 17:00 WIB 24 September 2022, 17:00 WIB

INDOZONE.ID - Kepala Eksekutif Hong Kong John Lee mengumumkan dicabutnya aturan karantina dan tes PCR pra-penerbangan untuk pelancong mulai 26 September 2022.

Langkah ini paling signifikan menuju pembukaan kembali sejak pandemi dimulai, hal ini menjadi kabar gembira bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Hong Kong.

Namun, calon penumpang diminta untuk tetap berhati-hati karena keuangan Asia tetap sangat berbeda dari kota-kota lain, yang sebagian besar telah membatalkan hampir semua pembatasan COVID-19 dan hidup dengan virus corona.

Baca juga: Hong Kong Peak Tram yang Ikonik Kembali Beroperasi setelah Renovasi

Dilansir Bloomberg, berikut ini aturan yang harus dilengkapi calon wisatawan yang ingin berkunjung setelah aturan karantina dicabut.

Bukti vaksin

Untuk non-penduduk, Hong Kong hanya mengizinkan pelancong yang divaksinasi dari luar China, kecuali mereka yang memiliki alasan medis yang menjelaskan tidak dapat divaksin.

Pengecualian lainnya adalah untuk anak kecil yang ikut bersama orang tuanya.

Bukti negatif COVID-19

Pelancong ke Hong Kong tidak lagi harus membawa bukti tes PCR negatif yang dilakukan tidak lebih dari 48 jam sebelum penerbangan keberangkatan mereka, tapi sekarang sudah cukup dengan tes cepat.

Kode kesehatan

Wisatawan ke Hong Kong akan menerima kode kuning di aplikasi LeaveHomeSafe di ponsel mereka untuk menandai status mereka sebagai pendatang baru yang menjalani proses pemantauan mandiri.

Baca juga: Hore! Hong Kong Potong Masa Karantina untuk Turis Jadi 3 Hari

Sistem kode kesehatan berjenjang memberi masyarakat umum kode QR biru yang memungkinkan mereka masuk ke semua tempat, sementara mereka yang terinfeksi Covid memiliki kode QR merah yang melarang mereka meninggalkan rumah.

Kode kuning mereka akan berubah menjadi biru pada hari ketiga setelah kedatangan, asalkan mereka terus dites negatif, menandai akhir dari proses pemantauan.

Pengujian Positif

Wisatawan yang dites positif tidak akan dikirim ke fasilitas isolasi yang dikelola pemerintah terkenal seperti Penny's Bay. Tapi mereka akan terus tinggal di hotel, tetapi dengan biaya sendiri.

Sertifikat Vaksin

Sebagian besar tempat dalam ruangan, dari restoran dan gym hingga salon kecantikan dan club house di Hong Kong secara aktif memeriksa sertifikat vaksin.

Memakai Masker

Hong Kong memiliki aturan masker di sebagian besar area publik, di dalam dan di luar ruangan. Orang-orang harus memakai masker kecuali ketika mereka melakukan latihan fisik, makan atau ketika mereka berada di taman pedesaan. Jika melanggarnya akan didenda sebesar $637 atau setara Rp 9,5 juta.

Batas pertemuan

Di tempat umum, pertemuan kelompok lebih dari empat orang dilarang di Hong Kong. Jumlah maksimum orang per meja makan adalah delapan orang, dan jamuan makan tidak boleh melebihi 120 orang. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri
Writer
JOIN US
JOIN US