The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Patung di Tempat Wisata Ini Sudah “Jalan-Jalan” ke Luar Negeri
Patung ini pernah melanglang buana (Hasan Syamsuri/Z Creators)
Travel

Patung di Tempat Wisata Ini Sudah “Jalan-Jalan” ke Luar Negeri

Rabu, 10 Agustus 2022 17:46 WIB 10 Agustus 2022, 17:46 WIB

INDOZONE.ID - Kabupaten Magelang, Jawa Tengah enggak cuma punya Candi Borobudur saja. Banyak destinasi wisata menarik lainnya selain candi Buddha terbesar di Dunia peninggalan Dinasti Syailendra itu. Terbaru, hadir di awal tahun ini adalah Borobudur Edupark di Desa Pabelan, Kecamatan Mungkid.

Diresmikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, 9 Januari 2022, Borobudur Edupark mengusung konsep wisata edukasi. Destinasi wisata ini bakal menjadi tempat yang menarik bagi yang ingin tahu lebih jauh tentang Candi Borobudur. Baik dari sisi sejarah, misteri relief hingga mitos yang menyertainya.

borobudur edupark
Patung yang bisa ditemui di Borobudur Edupark (Hasan Syamsuri/Z Creators)

Bukan hanya itu saja. Selain menyajikan miniatur Candi Borobudur dan beragam replika bangunan bersejarah lainnya, di sini pengunjung juga bisa belajar banyak tentang seni pahat. Mulai dari cara memilih batu yang baik, membentuk, hingga cara memahat.

Enggak tanggung-tanggung, pengunjung bisa belajar langsung dari pemilik Borobudur Edupark, I Nyoman Alim Mustapha. Seorang maestro seni pahat asal Denpasar, Bali yang memilih berdomisili dan berkarya di Kabupaten Magelang.

borobudur edupark
Bisa belajar memahat langsung sama maestronya (Hasan Syamsuri/Z Creators)

Kapasitas I Nyoman Alim Mustapha sudah enggak perlu diragukan lagi. Hasil karyanya sudah melanglang buana ke berbagai negara di dunia. Mulai dari Vietnam, Thailand, Austria, Belgia, Belanda, hingga Afrika Selatan, pernah memanfaatkan keahliannya.

borobudur edupark
Patung karya seniman ternama (Hasan Syamsuri/Z Creators)

Maka tak heran jika di Borobudur Edupark yang dibangun di atas lahan seluas 2,5 hektar, berisi patung-patung monumen yang pernah dibuat Nyoman di seluruh Indonesia. Di antaranya Soekarno, Hatta, Soedirman, Gajah Mada, Diponegoro, serta patung dan miniatur bangunan bersejarah di sejumlah negara.

borobudur edupark
Patung-patung ini pernah melanglang buana (Hasan Syamsuri/Z Creators)

Selain itu juga ada sejumlah tokoh fiksi yang ada dalam cerita-cerita rakyat dan juga film. Bahan yang digunakan untuk membuat patung dan lainnya pun beragam, mulai dari batu, tanah liat, semen, pasir silika, tembaga, aluminium hingga batu giok asli China.

Menariknya, setelah mengikuti workshop singkat, kamu bisa langsung membuat karya patung sendiri, baik dari pahatan batu maupun bahan lainnya. Buka setiap hari dengan tiket masuk Rp30 ribu, Borobudur Edupark diharapkan bisa menjadi tempat edukasi bagi para generasi penerus bangsa.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Hasan Syamsuri
Hasan Syamsuri

Hasan Syamsuri

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US