The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Nyentrik! Di Permakaman Manusia Ini Ada Makam dengan Nisan Babi dan Ayam, Punya Siapa?
Makam dengan nisan ayam (Sunaryo Haryo Bayu/IDZ Creators)
Travel

Nyentrik! Di Permakaman Manusia Ini Ada Makam dengan Nisan Babi dan Ayam, Punya Siapa?

Selasa, 21 Juni 2022 18:43 WIB 21 Juni 2022, 18:43 WIB

INDOZONE.ID - Makam Seniman Giri Sapto di Desa Wukirsari, kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta, punya keunikan tersendiri.

Permakaman ini diilhami oleh seniman kondang Sapto Hoedoyo sebagai bentuk penghargaan terhadap para seniman yang telah banyak berkarya untuk Indonesia. Makam Giri Sapto di dekat makam Raja-raja Solo-Yogyakarta ini terletak di sebuah bukit yang cukup asri dan sejuk.

makam seniman imogiri
Gerbang makam yang megah dan banyak anak tangga (Sunaryo Haryo Bayu/IDZ Creators)

Di permakaman ini kamu akan melihat banyak bentuk makam dan batu nisan yang enggak lazim atau berbeda dari nisan kebanyakan. Biasanya, desain makam unik merupakan permintaan seniman itu sendiri saat masih hidup.

makam seniman imogiri
Makam pesanan Joko Pekik, dengan relief babi hutan (Sunaryo Haryo Bayu/IDZ Creators)

Di sini, kamu juga akan menemukan makam yang belum ada ‘penghuni’nya. Misalnya makam dengan relief celeng (babi hutan) yang ternyata merupakan pesanan pelukis kondang Joko Pekik. Relief babi hutan menggambarkan lukisanya yang laku seharga Rp1 miliar pasca kejatuhan Orde Baru.

makam seniman imogiri
Makam Harry Wibowo (Sunaryo Haryo Bayu/IDZ Creators)

Berdiri pada 6 Februari 1988 setidaknya sudah ada 60-an seniman yang dikebumikan di tempat ini. Enggak sembarangan seniman, yang dimakamkan di komplek ini diantaranya seniman atau budayawan nasional hingga yang bergelar pahlawan.

Sebut saja pengarang tokoh komik Gundala Putra Petir, Hasmi, Ilustrator pada buku cerita Api di Bukit Menoreh, Herry Wibowo, tokoh film El Manik, dan Sapto Hoedoyo dengan ayam kesayanganya.

makam seniman imogiri
Makam Suatmaji (Sunaryo Haryo Bayu/IDZ Creators)

Karena keunikanya tersebut komplek permakaman ini malah menjadi obyek wisata tersendiri. Selain berziarah kamu juga bisa menikmati keasrian alam dan menghirup udara sejuk di area makam ini.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Sunaryo Haryo Bayu
Sunaryo Haryo Bayu

Sunaryo Haryo Bayu

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US