The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Seniman Indonesia Bikin Area Wisata Cozy, Bisa Belajar Seni dan Kerajinan Gratis!
Kandang Jurang Doank tempat wisata sejuk dan nyaman (Nadhila Zahrin/IDZ Creators)
Travel

Seniman Indonesia Bikin Area Wisata Cozy, Bisa Belajar Seni dan Kerajinan Gratis!

Rabu, 18 Mei 2022 16:11 WIB 18 Mei 2022, 16:11 WIB

INDOZONE.ID - Kandank Jurank Doank (KJD) merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di komplek Alvita, Pondok Sawah Lama, Ciputat, Tangerang Selatan. Tempat ini merupakan arena rekreasi seni dan edukasi dengan luas lahan sekitar 2500 meter persegi.

kandang jurang doank
Kandang Jurang Doank asri dan sejuk (Nadhila Zahrin/IDZ Creators)

KJD memiliki konsep sekolah alam, yang didirikan oleh seorang seniman bernama Dik Doank pada 1993 silam. Baginya, sekolah alam yang ia bangun bermakna sangat mendalam, yaitu untuk menjaga keseimbangan dalam dunia pendidikan. 

"Kandank Jurank Doank itu menjaga keseimbangan, karena Islam itu adil, mana waktu bermain, belajar dan ibadah." Kata Dik Doank.

Dik Doank menjelaskan, awal mula dibuat tempat tersebut, karena merasa prihatin dengan anak-anak kurang mampu di sekitar lokasi tempat tinggalnya. Apalagi banyak anak yang enggak bisa bersekolah karena keterbatasan biaya. Oleh karena itu, Dik Doank kemudian membuat sekolah alternatif yang berkonsep alam.

kandang jurang doank
Sekolah alam jadi tempat wisata edukasi gratis (Nadhila Zahrin/IDZ Creators)

Seiring berjalannya waktu, KJD berubah menjadi destinasi wisata yang bisa dikunjungi banyak orang.

Sejak awal berdirinya, KJD tidak terlepas dari geliat seni pendiriannya. KJD masih konsisten mengadakan kelas kesenian bagi seluruh elemen masyarakat yang ingin mengenal seni secara eksklusif.

kandang jurang doank
Ada beragam kelas seni untuk pengunjung (Nadhila Zahrin/IDZ Creators)

Setiap Minggu pagi ada kelas menggambar dan kelas tari, kelas vokal, kelas gitar dan perkusi. 

KJD memperkenalkan program baru seperti workshop sebulan dua kali, yaitu workshop craft and art, workshop memasak dan painting atau melukis beserta pengajar khususnya.

kandang jurang doank
Ada kelas melukis untuk anak (Nadhila Zahrin/IDZ Creators)

Suasana alam yang masih asri, membuat wisata di tempat ini semakin menyenangkan. Pengelola juga menyediakan fasilitas yang tergolong cukup lengkap, untuk fasilitas olahraga misalnya, ada lapangan basket, lapangan bola, flying fox dan wall climbing.

Terdapat pula area khusus untuk outbound, ruang multimedia, arena bermain, perpustakaan, kolam ikan, serta panggung outdoor. Selain itu KJD memilki museum yang menampilkan karya seni dari Dik Doank berupa foto, lukisan dan barang-barang seni lainnya.

kandang jurang doank
Tempatnya sejuk dan bikin relaks (Nadhila Zahrin/IDZ Creators)

Berkunjung ke KJD akan menyuplai udara segar yang masuk ke paru-paru. Setelah berbulan-bulan beraktivitas dengan padat di kota, mengunjungi tempat ini tentu menyegarkan baik untuk jiwa dan raga. 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Nadhila Zahrin Azmina
Nadhila Zahrin Azmina

Nadhila Zahrin Azmina

Community Writer
JOIN US
JOIN US