The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ibu Kota Baru Punya Pulau Kecil Eksotis, Rumah Ribuan Ekor Bekantan!
Kawanan bekantan di atas dahan (Muh Jeri/IDZ Creators)
Travel

Ibu Kota Baru Punya Pulau Kecil Eksotis, Rumah Ribuan Ekor Bekantan!

Selasa, 15 Februari 2022 11:02 WIB 15 Februari 2022, 11:02 WIB

INDOZONE.ID - Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, enggak hanya menyimpan potensi wisata bahari Kepulauan Derawan. Berau juga punya destinasi wisata lainnya yang enggak kalah kece, Pulau Besing namanya. Pulai kecil ini berada di kawasan Sungai Berau.

Enggak sulit untuk menjangkau pulai ini, cukup menempuh waktu satu jam dengan kendaraan roda empat melewati jembatan Pulau Besing yang dibangun 2016 lalu. Tapi kalau kamu dari Tanjung Batu, bisa naik speedboat untuk menuju Pulau Besing.

pulau besing
Pulau Besing bisa ditempuh dengan naik perahu (Muh Jeri/IDZ Creators)

Wisata alam Pulau Besing masih terjaga keasliannya. Indahnya sunset kala senja, bentang alam, keindahan langit, awan, hutan bakau dan sungai, jadi daya tariknya. Namun, biasanya wisatawan berkunjung ke pulau ini demi melihat lebih dekat habitat primata khas Kalimantan, bekantan.

pulau besing
Kawanan bekantan di atas dahan (Muh Jeri/IDZ Creators)

Sekitar 1.400 ekor bekantan menghuni pulau ini. Kamu bisa melihat satwa berhidung mancung ini dari atas perahu kayu atau ketinting yang memuat empat penumpang. Kawanan bekantan yang masih malu-malu akan menyambutmu dari atas pepohonan, sendiri atau berkelompok.

pulau besing
Bekantan menyambut dari atas pepohonan (Muh Jeri/IDZ Creators)

Salah satu wisatawan bernama Mada Ali mengaku sering ke pulau ini untuk melepas penat.

“Setiap ingin melihat bekantan secara langsung pasti Pulau Besing yang ada di ingatan saya. Dengan bermodalkan perahu dari Kota Tanjung Redeb, Berau, kita bisa melihat langsung bekantan di atas pohon Pulau Besing.” Kata Mada kepada Tim IDZ Creators.

Selain bekantan, pulau berpenduduk 386 orang ini juga merupakan hunian bagi kelelawar atau warga setempat menyebutnya ‘kaluang’.

pulau besing
Wisatawan cilik yang berkunjung ke Pulau Besing (Muh Jeri/IDZ Creators)

Pulau Besing juga terbuka buat wisatawan yang ingin bermalam. Kamu bisa menginap di rumah-rumah warga yang disewakan sebagai homestay.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini 

IDZ Creators
IDZ Creators


TAG
Rini Puspita
Muh. Jeri Alipurnomo S
Muh. Jeri Alipurnomo S

Muh. Jeri Alipurnomo S

Community Writer
JOIN US
JOIN US