The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tips Libur Lebaran yang Aman di Tengah Pandemi Menurut Ahli
Ilustrasi travelling. (Freepik)
Travel

Tips Libur Lebaran yang Aman di Tengah Pandemi Menurut Ahli

Selasa, 11 Mei 2021 13:36 WIB 11 Mei 2021, 13:36 WIB

INDOZONE.ID - Tahun-tahun sebelumnya, biasanya, momen libur Lebaran banyak dimanfaatkan untuk berwisata di samping bersilaturahmi.

Lantas bagaimana dengan tahun ini yang masih dibayang-banyangi pandemi Covid-19 seperti tahun lalu?

Guru Besar Paru Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof. Tjandra Yoga Aditama mengatakan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 selama masa libur Lebaran 2021.

Pertama, terapkan protokol kesehatan yang mencakup mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan rutin, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi.

"Kesadaran kita semua bahwa 3M dan menghindari kerumunan serta mengurangi mobilisasi adalah demi perlindungan kita sendiri," ungkap Prof Tjandra dikutip dari Antara, Selasa (11/2/2021).

Tjandra mengutip pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan, di mana apabila terpaksa berada dalam kerumunan, tetaplah berusaha menjaga jarak dan mempersingkat waktu berada di lokasi itu.

Terkait lokasi liburan, sebaiknya pilih yang berada di ruang terbuka ketimbang dalam ruangan. 

Hal ini juga sesuai dengan anjuran WHO yang menyatakan ruang udara terbuka lebih aman daripada ruang tertutup.

Di sisi lain, Kepala divisi penyakit menular di University at Buffalo Dr. Thomas Russo, mengatakan bepergian jauh lebih aman ketika sudah divaksin meski tidak 100 persen terjamin.

"Vaksinnya sangat bagus, tetapi tidak sempurna. Meskipun Anda jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menularkan penyakit atau tertular, masih ada peluang," kata dia seperti dikutip dari Insider.

Oleh sebab itu, pakar kesehatan menyarankan agar individu yang divaksinasi terus memakai masker di depan umum walau sudah divaksin.

Terkait tingkat keamanan untuk bepergian saat ini, jawabannya bergantung pada variabel seperti bagaimana rencana perjalanan, destinasi, tingkat infeksi di tempat tujuan, dan perilaku usai tiba di tujuan.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US