The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Viral Pintu Bagasi Pesawat Terbuka saat akan Take Off, Garuda Indonesia Beri Penjelasan
Pintu pesawat Garuda yang terbuka saat akan take off. (Instagram/@wirandhika_25)
Travel

Viral Pintu Bagasi Pesawat Terbuka saat akan Take Off, Garuda Indonesia Beri Penjelasan

Petugas sampai berlari.

Kamis, 28 April 2022 12:13 WIB 28 April 2022, 12:13 WIB

INDOZONE.ID - Viral di media sosial Twitter menampilkan foto pesawat Garuda Indonesia yang akan take off namun pintu bagasinya terbuka. Dalam foto yang diunggah akun @wirandhika_25 tersebut, bahkan terlihat seorang petugas sadar dan berlari ke arah pesawat.

Dia merasa bersyukur ada petugas yang sadar soal bagasi pesawat yang masih terbuka. Tak ingin kejadian serupa terulang, ia meminta Menteri BUMN Erick Thohir untuk berbenah.

"Alhamdulillah Allah masih kasih saya dan seluruh penumpang GA309 Keselamatan. Untung tidak terjadi tragedi menjelang lebaran. Mohon untuk dibenahi pak  @erickthohir. Terimakasih," cuitnya.

Mengenai hal tersebut, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra angkat bicara. Menurut dia, Garuda Indonesia saat ini tengah melakukan pemeriksaan lanjutan atas temuan kondisi pintu kompartemen kargo, yang diketahui belum sepenuhnya tertutup ketika pesawat akan didorong mundur dari posisi parkirnya (push back) menuju area landasan (taxiway).

“Garuda Indonesia saat ini tengah melakukan pemeriksaan lanjutan atas temuan kondisi pintu kompartemen kargo pada pesawat penerbangan GA 309 Rute Surabaya - Jakarta  yang diketahui belum sepenuhnya tertutup,” kata Irfan kepada Indozone, Kamis (28/4/2022).

Irfan menyatakan, penerbangan yang terjadwalkan berangkat pada hari Rabu 27 April 2022, pukul 11.25 waktu setempat telah melakukan prosedur boarding secara normal sesuai dengan standar operasional yang berlaku.

Baca juga: Detik-Detik Garuda Indonesia Evakuasi 80 WNI dari Ukraina

Namun demikian, ketika pesawat bersiap untuk pushback, petugas avsec melihat terdapat pintu kompartemen kargo pesawat yang belum tertutup dengan sempurna. Kondisi tersebut juga terlihat oleh Pilot melalui  indikator di cockpit  yang kembali menyala dan  menunjukan kompartemen pintu kargo yang belum tertutup rapat.

“Hal tersebut kemudian diteruskan kepada petugas ramp check dan ground handling untuk selanjutnya dilakukan penutupan pintu kompartemen kargo pesawat sesuai dengan prosedur yang berlaku. Petugas juga turut melakukan pengecekan berulang dan menyeluruh, guna memastikan seluruh pintu pesawat sudah dalam kondisi tertutup dengan baik sebelum pesawat lepas landas,” bebernya.

Atas temuan ini, kata Irfan, Garuda Indonesia tengah melakukan koordinasi dan evaluasi lebih lanjut secara internal maupun bersama stakeholders layanan kebandarudaraan terkait, guna mengoptimalkan langkah dan upaya corrective action.

Hal ini menurut Irfan sebagai upaya untuk mencegah peristiwa serupa terulang kembali. Adapun penerbangan GA 309 telah mendarat dengan normal dan lancar di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada pukul 13.20 waktu setempat.

“Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami penumpang pada penerbangan tersebut. Tentunya peristiwa ini menjadi evaluasi dan catatan penting bagi kami dalam memastikan tata kelola safety pada seluruh lini operasi berjalan dengan maksimal melalui berbagai inisiatif perbaikan layanan yang akan terus kami optimalkan kedepannya,” jelas Irfan.

“Hal tersebut yang tentunya juga akan terus kami selaraskan dengan upaya evaluasi secara berkala atas  layanan operasional penerbangan sejalan dengan komitmen kami untuk senantiasa mengedepankan komitmen keselamatan dan keamanan penerbangan pada seluruh lini operasional layanan Garuda Indonesia,” tukasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Dina
Harits Tryan Akhmad

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US