The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Di Gunung Bersalju Turki, Ternyata Ada yang Jualan Indomie: Seporsi Harganya Bikin Shock!
Indomie dijual di gunung bersalju Turki. (Z Creators/Arnie Simanjuntak)
Travel

Di Gunung Bersalju Turki, Ternyata Ada yang Jualan Indomie: Seporsi Harganya Bikin Shock!

Jumat, 02 Desember 2022 17:54 WIB 02 Desember 2022, 17:54 WIB

INDOZONE.ID - Kalau sedang jalan-jalan ke Turki jangan melewatkan pemandangan salju di Gunung Uluda?. Dalam bahasa Turki Uluda? berarti besar. Gunung ini berada di ketinggian 2.543 meter atau 8.343 kaki di atas permukaan laut. 

Nama Uluda? diabadikan menjadi nama Taman Nasional dan resor ski di Turki. Lokasi tepatnya di selatan Bursa di wilayah Marmara, Selatan Turki. Banyak yang datang ke sini untuk bermain salju, mengendarai motor ski, atau hanya sekedar untuk menikmati view gunung. 

gunung bersalju
Gunung Uluda? bersalju di Turki. (Z Creators/Arnie Simanjuntak)

Selain itu, kamu juga bisa menikmati secangkir teh atau kopi hangat, berfoto dan mengabadikannya dalam bentuk video. Saat musim dingin suhu di kawasan ini bisa mencapai 4 derajat celcius. Dingin banget kan? So, pastikan membawa pakaian hangat, sarung tangan, penutup kepala, sepatu berbahan dasar kulit atau sepatu boots yang anti slip dan tahan air.

Baca juga: Restoran di Turki Ini Berada di Atas Air Terjun, Bisa Kulineran Sambil Healing!

Untuk sampai ke atas, selama sekitar 45 menit, kamu harus naik Teleferik (kereta gantung) yang panjangnya sekitar 8,3 km. Ada perbedaan harga tiket antara warga lokal dengan turis asing. Harga tiket untuk turis PP (Pulang Pergi) sebesar 235 Turkish Lire (TL) atau sekitar Rp198 ribu. Sedangkan untuk warga lokal seharga 90 TL atau sekitar Rp76 ribu.

gunung uludag
Main salju di Gunung Uluda?, Turki. (Z Creators/Arnie Simanjuntak)

Di perhentian pertama kita akan masuk ke dalam sebuah restoran dan kafe. Keluar dari restoran kita bisa berjalan-jalan menikmati pemandangan sekitar yang penuh dengan salju. Ada beberapa kafe yang menawarkan makanan dan minuman pelepas lapar dan haus. Ada juga beberapa orang yang menawarkan jasa foto. 

Setelah puas bermain salju di perhentian pertama, kamu bisa lanjut naik ke perhentian selanjutnya yaitu perhentian kedua ke puncak tertinggi (Stasiun Kurbaga Kaya). Di sini harus antre lagi untuk naik Teleferik dengan kapasitas penumpang maksimal 8 orang. Oh ya, jumlah pengunjung yang datang ke sini setiap tahunnya mencapai 1 jutaan orang.

indomie
Indomie dijual di Gunung Uluda?, Turki. (Z Creators/Arnie Simanjuntak)

Tiba di puncak Gunung Uluda?, ada banyak kios yang menjual pakaian hangat, makanan dan minuman. Jadi kalau misalnya perlengkapan kamu kurang hangat bisa belanja di sini. Jangan ragu untuk melakukan proses tawar-menawar barang supaya kantong kamu enggak segera menipis.

Tersedia juga tempat penyewaan alat ski. Kalau belum pernah bermain ski atau berseluncur salju, kamu akan dibantu oleh trainer professional. Setelah puas bermain salju, kamu bisa mengisi energi dengan membeli makanan di kafe yang sudah disediakan. Ternyata ada yang jual mie instan cup Indonesia, loh! Seharga 50 TL atau sekitar Rp42 ribu.

gunung uludag
Pusat penjualan makanan di Gunung Uluda?. (Z Creators/Arnie Simanjuntak)

Kalau kamu mau ke Uluda? dari Kota Istanbul, kamu bisa beli tiket Ferry Budo tujuan Mudanya, Bursa di Eminonu, seharga 89 TL atau sekitar Rp75 ribu untuk 1 kali perjalanan. Membutuhkan 90 menit diperjalanan, setelah sampai kamu langsung membeli Bursakart seharga 30 LR.

Setelah sampai bisa dilanjutkan naik bus F3 warna kuning, ongkosnya 20 TL (sekitar Rp17 ribu) dan turun di pemberhentian terakhir atau kamu bisa juga sewa mobil. Selamat menikmati salju di Gunung Uluda?, Turki.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Arnie Simanjuntak
Arnie Simanjuntak
Community Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US