Melihat Keindahan Wisata Parepare Tempat Kelahiran BJ Habibie
Pantai Mattirotasi. (Instagram/@visit_sulsel)
Travel

Melihat Keindahan Wisata Parepare Tempat Kelahiran BJ Habibie

Sudah ada yang pernah kesana guys?

Jumat, 13 September 2019 12:52 WIB 13 September 2019, 12:52 WIB

INDOZONE.ID - Bacharuddin Jusuf Habibie wafat pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. 

BJ Habibie menjabat sebagai Presiden Indonesia ketiga dari 21 Mei 1998 hingga 20 Oktober 1999. Suami dari Hasri Ainun Besari ini lahir di Parepare, Sulawesi Selatan pada tanggal 25 Juni 1936.

Daerah tempat kelahiran Habibie ini terkenal dengan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berbagai suguhan alam ditawarkan mulai dari panorama pantai, kebun-kebunan, dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang lagi bingung mau menghabiskan weekend kemana, berikut ini ada 5 tempat rekomendasi di Kota Parepare, Sulawesi Selatan yang bisa kamu datangi di akhir pekan.

1. Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun.

bj habibie, wisata parepare, habibie ainun, monumen cinta sejati,
Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun. (Instagram/@masfufah99)

Objek tempat wisata yang paling menarik di Parepare Sulawesi Selatan yang pertama adalah Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun. Monumen ini diresmikan pada tanggal 12 Mei 2015. 

Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun ini juga merupakan kado ulang tahun pernikahan kepada B.J. Habibie dari Kabupaten Parepare. Selain sebagai kado, monumen ini juga dibangun sebagai bentuk apresiasi terhadap cinta Presiden ke-3 Indonesia ini kepada istrinya Ibu Ainun.

Untuk lokasinya, Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun ini berlokasikan di Lapangan Andi Makkasau, Jl. Karaeng Burane, Mallusetasi, Ujung, Kota ParePare.

2. Pantai Mattirotasi.

bj habibie, habibie meninggal, habibie ainun, pantai mattirotasi, parepare
Pantai Mattirotasi (Instagram/@visit_sulsel)

Pantai yang terletak di Jalan Mattirotasi ini memiliki pemandangan lepas ke arah Teluk Parepare. Pantai ini memiliki beberapa gazebo, bangku taman, lintasan jogging, batu-batu andesit berukuran besar penahan abrasi, dan lapangan yang dimanfaatkan warga untuk berolahraga. Pantai Mattirotasi ramai dikunjungi warga Parepare pada Minggu untuk berolahraga dan bersantai.

3. Gua Tompangnge.

bj habibie, habibie meninggal, gua tompangnge, air terjun, parepare, habibie ainun
Gua Tompangnge. (Instagram/@visit_sulsel)

Berlokasi di Kecamatan Bacukiki, terdapat gua indah yang telah lama dihuni oleh ribuan kelelawar. Tak jauh dari Gua Tompangnge ini terdapat air terjun dengan panorama menyejukkan yang tak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Parepare.

4. Kebun Raya Jompie.

bj habibie, habibie meninggal, habibie ainun, parepare, kebun raya jompie, wisata
Kebun Raya Jompie. (Instagram/@mhmmdhusnimaulana)

Kebun Raya Jompie ini merupakan kawasan hutan kota alami yang luas kedua di Indonesia setelah Kebun Raya Bogor. Gak cuma itu, di kebun raya ini kamu juga bisa berfoto-foto cantik di menara pantau kebun jompie yang keren.

Tempat ini berada di Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Soreang, Sulawesi Selatan dengan jarak dari pusat Kota Parepare sekitar 3,5 kilometer. Kebun Raya Jompie ini memiliki spot-spot keren yang bisa membuat foto mu menjadi lebih keren. 

5. Pantai Lumpue.

pantai lumpue, bj habibie, habibie meninggal, habibie ainun, wisata, parepare
Pantai Lumpue. (Instagram/@visit_sulsel)

Pantai Lumpue berlokasi di Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat. Pantai Lumpue dijuluki sebagai pantai tertua di Kota Parepare. Lokasi pantai ini mudah dijangkau, yakni hanya berjarak 150 kilometer dari Kota Makassar. Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Astrid Dwijayanti
Astrid

Astrid

Writer
JOIN US