4 Cara Membuat Konten YouTube Tanpa Mengeluarkan Banyak Biaya
Ilustrasi YouTube (Pixabay/geralt)
Tech

4 Cara Membuat Konten YouTube Tanpa Mengeluarkan Banyak Biaya

Menulis buku dengan judul "Rahasia YouTube"

Kamis, 26 September 2019 16:45 WIB 26 September 2019, 16:45 WIB

INDOZONE.ID - Benji Travis merupakan influencer dari media sosial YouTube. Ia telah berada di YouTube selama lebih dari satu dekade, ia mengatakan, 

"Pencipta tidak membutuhkan peralatan mewah untuk menjadi sukses." ungkap Benji kepada Business Insider. 

Ia dan istrinya, Judy Travis berprofesi sebagai YouTuber. Judy populer dalam komunitas vlogger kecantikan, video pertamanya ia buat dengan kamera yang harganya kurang dari US$50 dan disangga di atas tumpukan kotak sepatu. 

Judy juga dikenal sebagai 'Itsjudy time' sebagai keluarga pertama yang memulai saluran, dan sejak saat itu, keluarga ini telah tumbuh untuk membantu menjalankan lebih dari lima saluran YouTube. 

"Dia tidak mempunyai sesuatu yang mewah di awal," ungkap Benji kepada istrinya. 

Keluarga ini juga membuat saluran vlog harian pada tahun 2011, ItsJudysLife, saluran kedua YouTube ini memiliki lebih dari 1 juta pelanggan. 

Benji menggunakan platform-nya untuk berbagi tips dan menumbuhkan karier online dengan sukses. Ia menulis buku berjudul "YouTube Secrets: The Ultimate Guide to Growing Your Following and Making Money as a Video Influencer" ("Rahasia YouTube: Panduan Utama untuk Menumbuhkan Pengikut dan Menghasilkan Uang sebagai Influencer Video.")

Benji Travis
Benji Travis, influencer YouTube (Instagram/benjimantv)

Benji pun berbagi kiat langkah untuk mulai membuat video online, melansir dari Business Insider

1. Pilih konten yang akan dibagikan

Saat akan memulai saluran YouTube, pilih konten dengan topik atau tema tertentu yang kamu sukai untuk dibagikan kepada penonton. 

Konten yang menarik untuk dibagikan memungkinkan kamu untuk membangun pengikut sejati. 

"Kamu membutuhkan semangat untuk pembuatan kontan dan itu harus melampaui dari hanya ingin menghasilkan uang," ungkap Benji. 

Perhatikan nilai apa yang ingin kamu bagikan dari konten buatanmu? Apakah bisa mengajarkan seseorang keterampilan baru? Apakah bisa membantu menemukan masalah atau bisa menghibur penonton? 

Judy mengetahui banyak tentang tata rias dan kecantikan, ia memutuskan untuk membagikan kiatnya secara online sebelum mengharapkan penghasilan uang dari YouTube. 

2. Mulai dan lakukan sekarang

Benji mengatakan cara terbaik untuk membuat konten adalah segera memulai. Bisa mulai dengan iPhone atau perangkat ponsel milikmu, yang memiliki kamera berkualitas baik. 

Kamera DSLR yang kamu lihat digunakan oleh banyak YouTuber profesional, yang harganya kisaran ratusan hingga ribuan dolar dan kamu juga tidak terlalu membutuhkan tripod. 

Tahukah kamu? YouTuber fenomenal, Jennelle Eliana yang memperoleh 1,6 juta subscriber dalam waktu satu bulan mengatakan, ia memposting video pertamanya dengan hanya menggunakan iPhone X dan aplikasi LumaFusion seharga US$29,99 untuk mengedit videonya, 

"Ada banyak konspirasi bahwa saya memiliki seluruh tim di belakang saya, tetapi saya benar-benar hanya memfilmkan dan mengedit di smartphone," kata Jenn, melalui Business Insider.

3. Perhatikan pencahayaan yang akan meningkatkan kualitas video 

"Semakin banyak pencahayaan yang kamu miliki, semakin baik," ungkap Benji. 

Tips penerangan gratis: 

  • Gunakan cahaya alami dari jendela, letakkan kamera dekat jendela di depan cahaya yang akan menyinari kamu.
  • Pertimbangkan syuting di luar jika cahaya lebih baik.
  • Kumpulkan lampu dari sekitar rumah kamu dan letakkan di belakang kamera. Arahkan lampu sehingga mereka menyinari kamu.

Perhatikan juga cara video kamu menyala dan tingkatkan kualitas video kamu secara keseluruhan.

4. Gunakan peralatan yang kamu miliki dan rekam audio kamu 

Untuk menentukan kualitas audio, Benji merekomendasikan pembelian mikrofon eksternal, seperti mikrofon kerah yang dihubungkan langsung ke iPhone. Harganya berkisar antara US$ 20 hingga US$ 30 di Amazon.

"Apa yang kamu lihat saat ini adalah orang menggunakan Airpods mereka sebagai mikrofon," kata Benji. 

Kamu dapat menggunakan AirPods sebagai mikrofon untuk audio yang lebih baik. Ini merupakan salah satu peralatan kecil yang tidak dipikirkan banyak orang. 

Airpods atau headphone nirkabel lainnya bisa dijadikan mikrofon internal, dapat diletakkan di pangkuan kamu untuk merekam audio yang lebih baik daripada telepon di depan kamu. 

Benji juga merekomendasikan dengan colokkan headphone di mikrofon eksternal smartphone kamu, mirip dengan menggunakan mikrofon kerah.

Apakah kamu tertarik membuat konten di YouTube? 

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Indozone
Indozone Media
Bela

Bela

Writer
Indozone Media

Indozone Tech

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU