The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sering Pamer Kehidupan Pribadi di Medsos, Data Rahasia Wanita Ini Dicuri dan Harta Dikuras
Seorang wanita jadi korban pencurian data pribadi (Facebook/AITI Brunei)
Tech

Sering Pamer Kehidupan Pribadi di Medsos, Data Rahasia Wanita Ini Dicuri dan Harta Dikuras

Rabu, 28 Oktober 2020 13:50 WIB 28 Oktober 2020, 13:50 WIB

INDOZONE.ID - Sejak berkembangnya media sosial, publik semakin mudah membagikan identitas hingga aktivitas pribadi ke akun media sosial masing-masing.

Padahal, ada bahaya yang mengancam jika kamu terlalu mengumbar kehidupan pribadi ke media sosial. Para penjahat siber bisa dengan mudah mencuri data dan menguras hartamu.

Seperti diperlihatkan oleh video layanan masyarakat yang diunggah oleh Authority for Info-Communication Technology Industry (AITI) dari Brunei.

Video ini sebenarnya pertama kali diunggah pada bulan Mei silam, namun baru viral belakangan ini di beberapa platform media sosial.

Dalam video tersebut, tampak seorang wanita bernama Sarina Abdullah yang baru saja berbelanja heels baru. Berbekal video singkat tersebut, hacker memulai pencurian data.

Karena Sarina begitu aktif membagikan aktivitasnya di media sosial, hacker dengan gampang bisa mendapatkan nama lengkap, nomor kependudukan, tanggal lahir, alamat, hingga nomor kartu kredit.

Setelah data-data pribadi berhasil didapatkan, hacker kemudian menggunakannya untuk bertransaksi di dunia maya. Di akhir video memperlihatkan Sarina kaget karena mendapatkan notifikasi transaksi, padahal dia tidak pernah melakukan transaksi apapun.

Karena itulah, AITI Brunei mengingatkan kepada netizen agar lebih berhati-hati saat mengunggah sesuatu di media sosial. Jangan sampai unggahan yang tampak sederhana itu, justru membuka jalan bagi hacker untuk mencuri datamu dan menguras hartamu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US