The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Apple Ternyata Gunakan Modem 5G Snapdragon X55 di iPhone 12 Terbarunya
Tampilan iPhone 12 terbaru dengan logo Snapdragon (photo/Apple/Qualcomm)
Tech

Apple Ternyata Gunakan Modem 5G Snapdragon X55 di iPhone 12 Terbarunya

Tapi tampaknya Apple tak akan terus menggunakan modem tersebut

Kamis, 22 Oktober 2020 09:45 WIB 22 Oktober 2020, 09:45 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu hal utama yang dihadirkan oleh Apple di peluncuran iPhone 12 Series barunya yaitu dukungan jaringan 5G. Memang sudah banyak pengguna Apple yang menunggu-nunggu kehadiran dukungan 5G di perangkat buatan Apple tersebut.

Namun setelah smartphone tersebut diluncurkan, disebutkan bahwa Apple ternyata saat ini memakai modem 5G buatan Qualcomm yaitu Snapdragon X55 sehingga iPhone 12 Series miliknya dapat mendukung jaringan 5G.

Tentu hal tersebut merupakan hal yang cukup mengejutkan. Pasalnya belakangan ini sempat muncul spekulasi tentang pertarungan Apple dan Qualcomm dalam hal 5G. Tapi Apple saat ini justru bergantung kepada Qualcomm sehingga smartphone barunya ini dapat mendukung jaringan 5G.

Tampilan smartphone iPhone 12 dan iPhone 12 Pro
Tampilan smartphone iPhone 12 dan iPhone 12 Pro (photo/Dok. Apple)

Hal lain yang membuat informasi ini menarik adalah kenapa Apple masih menggunakan modem 5G milik Qualcomm dengan model yang lebih lama. Pasalnya saat ini Qualcomm sudah meluncurkan modem 5G Snapdragon X60 yang seharusnya memiliki efisiensi daya lebih bagus karena penggunaan fabrikasi 5nm.

Berdasarkan uji coba yang dilakukan Tom's Guide, disebutkan bahwa mengaktifkan jaringan 5G di iPhone 12 terbaru akan menguras baterai dari smartphone tersebut 2 jam lebih cepat jika dibandingkan dengan memakai jaringan 4G (LTE).

Meskipun begitu, tampaknya Apple tidak akan menggunakan modem 5G milik Qualcomm tersebut selamanya. Pasalnya pada tahun 2019 lalu Apple telah mengonfirmasi bahwa pihaknya telah mengakuisisi bisnis modem smartphone milik Intel seharga US$1 miliar atau setara dengan Rp14 triliun.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Ferry Andika
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US