The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

NASA Sedang Siapkan 2 Misi untuk Jelajahi Matahari!
Ilustrasi tampilan permukaan Matahari (photo/Behance/Alien Planets)
Tech

NASA Sedang Siapkan 2 Misi untuk Jelajahi Matahari!

Selasa, 05 Januari 2021 11:16 WIB 05 Januari 2021, 11:16 WIB

INDOZONE.ID - Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) baru-baru ini telah menyetujui 2 misi heliofisika yang dilakukan untuk mengeksplorasi Matahari. Nantinya akan ada banyak hal yang akan diteliti dari Matahari dan hubungannya dengan Bumi.

Diketahui bahwa kedua misi tersebut memiliki nama Extreme Ultraviolet High-Throughput Spectroscopic Telescope Epsilon Mission (EUVUST) dan Electroject Zeeman Imaging Explorer (EZIE). Tampaknya 2 misi tersebut tak akan melibatkan manusia untuk pergi mendekati Matahari, lagipula hal itu tidak mungkin.

Para ilmuwan mengatakan bahwa dengan adanya kedua misi ini, diharapkan mereka dapat memahami cara kerja angin Matahari dan ledakan Matahari di masa depan yang bisa membantu memprediksi peristiwa yang dapat mempengaruhi teknologi manusia dan penjelajah di luar angkasa.

"Dengan misi tersebut, kami bisa mempelajari Matahari, ruang, angkasa, dan Bumi sebagai sistem yang saling berhubungan lebih lanjut," ucap Peg Luce selaku Deputy Director of the Heliophysics Division dari NASA seperti dikutip dari situs resminya.

Untuk misi EUVST sendiri dijadwalkan akan dilakukan pada tahun 2026 mendatang dan akan dipimpin oleh Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) dan akan bekerja sama dengan organisasi internasional lainnya.

Kita lihat saja apakah kedua misi ini nantinya berhasil dilakukan atau tidak. Pasalnya untuk memastikan misi ini berhasil, NASA sampai rela mengeluarkan biaya yang cukup besar dalam hal pengembangan teknologi roket hingga kapsul yang bisa bertahan ketika sampai di dekat permukaan Matahari.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
JOIN US
JOIN US