Lacak Masyarakat yang Tidak Pakai Masker, Tiongkok Manfaatkan AI
Ilustrasi kamera CCTV (photo/Unsplash/Parker Coffman)
Tech

Lacak Masyarakat yang Tidak Pakai Masker, Tiongkok Manfaatkan AI

Selasa, 18 Februari 2020 11:30 WIB 18 Februari 2020, 11:30 WIB

INDOZONE.ID - Sampai saat ini wabah virus corona masih menjadi topik yang hangat diperbincangkan. Pasalnya jumlah korban yang terinfeksi dan meninggal akibat virus tersebut masih terus bertambah.

Hal tersebut tentu membuat pemerintah Tiongkok semakin waspada dan menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan masker saat sedang bepergian ke luar rumah.

Baru-baru ini pemerintah Tiongkok diketahui telah menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) milik Baidu untuk memantau dan melacak warganya yang tidak menggunakan masker saat berada di tempat umum.

Ilustrasi pengecekan virus corona
Ilustrasi pengecekan virus corona (Electrodealpro)

Pasalnya sampai saat ini masih ada masyarakat di Tiongkok yang masih bandel dan tidak ingin memakai masker saat keluar rumah. Padahal penggunaan masker sendiri bertujuan untuk melindungi diri dan orang lain dari virus corona tersebut.

Sekedar informasi, teknologi Artificial Intelligence milik Baidu tersebut sebenarnya sudah dikembangkan sejak beberapa tahun yang lalu. Saat ini AI mereka dapat mengidentifikasi 100 ribu gambar dengan tingkat akurasi sebesar 96,5 persen.

Namun sampai saat ini masih belum diketahui apa yang akan dilakukan oleh pemerintah Tiongkok saat sudah menemukan orang yang tidak menggunakan masker. Mungkin orang tersebut akan terkena denda dalam bentuk uang atau sejenisnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU