Suka Pakai Wifi Gratis di Resto? Ini Hal yang Wajib Kamu Perhatikan!
Ilustrasi/Unsplash
Tech

Suka Pakai Wifi Gratis di Resto? Ini Hal yang Wajib Kamu Perhatikan!

Minggu, 08 September 2019 11:45 WIB 08 September 2019, 11:45 WIB

INDOZONE.ID - Saat masuk ke dalam restoran atau kafe, hal yang mungkin sering kita tanyakan ke pegawai restorannya adalah password wifi. Ya, saat ini, hampir semua restoran dan kafe sudah menyediakan password wifi.

Menyenangkan memang bisa mendapatkan wifi gratis di tempat umum. Namun, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal agar kamu tetap aman saat menggunakan wifi gratis. Apa saja?

1. Jangan lakukan transaksi online


Transasksi online yang dimaksud yaitu seperti mobile banking atau belanja di e-commerce. Transaksi online saat tersambung wifi di tempat umum sangat berisiko. Dikhawatirkan, jejak digital yang tertinggal bisa disalahgunakan orang jahat untuk mencuri data.

2. Gunakanlah koneksi yang terpercaya


Sebagian besar situs terpercaya biasanya akan memakai tautan yang barawalan https. Dengan memakai url ini mengarahkanmu ke versi link yang lebih aman. Tapi, kamu harus tetap waspada, terkadang ada situs yang hanya berekstensi http.

3. Matikan wifi usai digunakan


Nah, setelah kamu memakai wifi gratis, sebaiknya matikan transmitter di smartphonemu. Tidak mematikan transmitter bisa, lokasi dimana kamu berada beresiko dilacak oleh orang jahat.

4. Pakai VPN


Untuk membuat data-data ponselmu agar tetap aman, kamu bisa menggunakan VPN. VPN bakal menyembunyikan mesin smartphonemu dari hacker dengan menampilkan alamat IP yang acak.

5. Jangan berselancar ke situs-situs yang kamu tidak ingin orang asing tahu


Salah satu tips agar tetap aman saat menggunakan wifi gratis adalah dengan tidak berselancar ke situs-situs yang kamu tidak ingin orang asing tahu.

6. Pastikan kamu mengakses jaringan wifi yang legal


Pastikan kepada pihak penyedia wifi bahwa jaringan yang kamu pakai itu adalah legal. Dengan begitu, kamu bisa memakai wifi dengan tenang dan tidak perlu khawatir lagi.

TAG
Indozone
Dina
Dina

Dina

Writer
Dina

Dina

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU