The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sosok Peretas Akun Twitter Bill Gates dkk Telah Terungkap, Siapa Dia?
Tampilan halaman explore di aplikasi Twitter (photo/Unsplash/Claudio Schwarz)
Tech

Sosok Peretas Akun Twitter Bill Gates dkk Telah Terungkap, Siapa Dia?

Jumat, 17 Juli 2020 09:51 WIB 17 Juli 2020, 09:51 WIB

INDOZONE.ID - Belum lama ini heboh peretasan yang terjadi kepada akun Twitter dari sejumlah orang terkenal seperti Bill Gates, Elon Musk, hingga Jeff Bezos. Peretas tersebut memanfaatkan akun-akun ini untuk menipu seluruh pengikutnya dengan cara mengirimkan uang.

Setelah pihak Twitter berhasil mengatasi masalah ini, banyak yang bertanya-tanya siapa yang sudah sukses melakukan peretasan tersebut. Diketahui sosok yang bertanggung jawab atas tindakan peretasan ini yaitu Kirk yang merupakan sebuah komunitas hacker.

Kirk sendiri diketahui berhasil mengambil sejumlah akun Twitter terkenal dengan cara melakukan reset terhadap email pengguna Twitter sehingga pemilik asli akun Twitter kesulitan untuk mengembalikan akunya yang sudah diretas.

Tampilan situs utama Twitter
Tampilan situs utama Twitter (photo/Unsplash/Kon Karampelas)

Selain itu Kirk juga sebenarnya sudah melakukan hal ini sejak lama. Awalnya Kirk hanya meretas akun-akun yang memiliki username pendek atau mudah untuk dimengerti dan kemudian dijual dengan harga tinggi. Namun kali ini mereka berhasil menunjukkan keahlian mereka dengan meretas banyak akun Twitter verified.

Berdasarkan informasi dari Tech Crunch, disebutkan bahwa bisnis penjualan akun seperti ini menjadi salah satu pemasukan yang cukup besar bagi Kirk. Pasalnya satu username cantik yang berhasil diretas dikabarkan bisa terjual hingga ratusan hingga ribuan US$.

Twitter pun juga telah mengakui bahwa ada sejumlah karyawannya yang menjadi korban social engineering dari pihak Kirk sehingga mereka mendapatkan akses ke dalam sistem internal dari Twitter.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US