The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Begini Cara Membuat Akun Instagram Kenangan untuk Orang yang Telah Meninggal
Ilustrasi akun Instagram orang yang telah meninggal (Unsplash)
Tech

Begini Cara Membuat Akun Instagram Kenangan untuk Orang yang Telah Meninggal

Sabtu, 23 Mei 2020 19:13 WIB 23 Mei 2020, 19:13 WIB

INDOZONE.ID - Pernahkah kamu penasaran apa yang akan terjadi kepada akun media sosial seseorang jika penggunanya telah meninggal dunia?

Untuk Instagram, rupanya ada fitur "in memoriam" yang bisa digunakan untuk mengenang para penggunanya yang telah tiada.

Instagram akan mengubah akun orang yang bersangkutan sebagai kenangan. Akan ada tulisan "remembering" di bawah profil pemilik akun.

Lalu, bagaimana cara menggunakan fitur ini jika kamu ingin melaporkan akun keluarga atau teman yang telah meninggal dunia?

Mengenang akun Instagram yang telah meninggal
Mengenang akun Instagram yang telah meninggal (Help Instagram_

Pertama, kamu harus melaporkan kepada tim Instagram bahwa sang pemilik akun telah meninggal dunia. Kamu bisa melaporkannya dengan mengakses Help Instagram.

Setelah itu, Instagram akan meminta kelengkapan laporan mengenai kematian pengguna akun. Jika laporan sebelumnya sudah lengkap, kamu bisa mengabaikan email ini dan tinggal menunggu konfirmasi kembali.

Bukti yang diminta oleh Instagram berupa surat kematian, artikel dari media (jika yang meninggal adalah public figur), atau pesan broadcast yang beredar di aplikasi pesan ataupun media sosial.

Jika tim Instagram menilai laporan itu valid, maka akun yang dilaporkan tadi akan berubah menjadi akun kenangan atau "in memoriam".

Jika kamu mengunjungi akun tersebut, maka akan ada keterangan tambahan di bagian profil yang menandakan dukacita atas meninggalnya pemilik akun tersebut.

Akun kenangan ini juga berfungsi agar kenangan yang berada di dalam akun tersebut tetap terjaga. Beberapa akun yang telah dilaporkan meninggal dunia di Instagram antara lain Goo Hara, Jonghyun dan Sulli.

Akun Instagram orang yang telah meninggal
Akun Instagram orang yang telah meninggal (kpopstarz)

Nah, apakah kamu akan menggunakan fitur ini untuk melaporkan kematian orang terdekat juga?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US