The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kominfo Kemungkinan Blokir Aplikasi Clubhouse
Aplikasi Clubhouse. (photo/Ilustrasi/REUTERS/Florence Lo)
Tech

Kominfo Kemungkinan Blokir Aplikasi Clubhouse

Kamis, 18 Februari 2021 17:51 WIB 18 Februari 2021, 17:51 WIB

INDOZONE.ID - Aplikasi Clubhouse tengah ramai diperbincangkan di media sosial. Menanggapi hal itu, Jubir Kementerian Kominfo, Dedy Permadi, menegaskan aplikasi itu belum terdaftar & berpotensi diblokir.

"Clubhouse belum terdaftar di Kominfo dan kami harap dapat mendaftar sesuai ketentuan dalam PM 5/2020," jelas Dedy, dalam keterangan resmi Kominfo, Kamis (18/2/2021). 

Ia menambahkan, Kominfo selalu melakukan upaya pencegahan terhadap aplikasi yang belum terdaftar. Misalnya, dilakukan pemutusan akses seperti pemblokiran, penutupan akun dan penghapusan konten.

Aturan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Kominfo No 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat. Kementerian mewajibkan pendaftaran untuk setiap penyelenggara sistem elektronik (PSE). 

Kewajiban itu juga mencakup PSE yang menyediakan, mengelola, dan atau mengoperasikan layanan komunikasi meliputi, namun tidak terbatas pada pesan singkat, panggilan suara, panggilan video, surat elektronik, dan percakapan dalam jaringan berbentuk platform digital, serta layanan jejaring dan media sosial. 

"Sesuai dengan PM 5/2020, setiap PSE wajib melakukan pendaftaran ke pemerintah. PSE yang tidak mendaftar sesuai kebijakan yang berlaku, akan mendapat sanksi administrasi berupa pemutusan akses," tegasnya. 

Dedy menjelaskan, kewajiban melakukan pendaftaran bagi PSE Lingkup Privat seharusnya dilakukan sebelum sistem elektronik mulai dipakai pengguna.

"Masa pendaftaran adalah 6 bulan sejak PM diundangkan pada tanggal 24 November 2020. Ketentuan ini berlaku untuk semua PSE, tidak hanya Clubhouse," imbuhnya. 

Untuk diketahui, aplikasi Clubhouse semakin populer usai digunakan oleh orang terkaya nomor 1 di dunia yakni Elon Musk. Ditambah lagi belakangan ini Elon Musk dan Presiden Rusia, Vladimir Putin berdiskusi di aplikasi tersebut.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Victor Median
JOIN US
JOIN US