The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menilai Teknologi Informasi Penting, Johnny G Plate Ingin IKN Juga Didukung Metaverse
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan kuliah umum di Kampus UGM, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (18/5/2022). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/Pool/wsj)
Tech

Menilai Teknologi Informasi Penting, Johnny G Plate Ingin IKN Juga Didukung Metaverse

Rabu, 18 Mei 2022 20:00 WIB 18 Mei 2022, 20:00 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong pemanfaatan metaverse (kombinasi elemen teknologi) untuk kegiatan yang positif, produktif dan mampu mengoptimalkan perekonomian di Indonesia.

"Kita mendorong adopsi metaverse berkembang dengan baik di Indonesia," sahut Johnny G. Plate, pada acara "Akselerasi Literasi Digital dalam Menyambut Teknologi Masa Depan", di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Rabu (18/5/2022).

Baca juga: 32 Negara Nikmati Internet Starlink Besutan Elon Musk, Apa Asia Termasuk?

Melansir Antara (18/5/2022), Johnny menambahkan perkembangan teknologi seperti metaverse adalah sebuah keniscayaan. Indonesia perlu mengikuti perkembangan teknologi tersebut sekaligus menyiapkan talenta yang cakap.

Untuk itu, pemerintah saat ini sedang mempercepat pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, antara lain dengan menggelar kabel serat optik, pembangunan infrastruktur tulang punggung, satelit berkapasitas besar dan menara base transceiver station (BTS).

Pembangunan infrastruktur ini juga untuk mendukung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur yang terkoneksi ke konektivitas digital.

Berkaca pada sejumlah negara Asia Tenggara yang sedang menyiapkan pengembangan metaverse, antara lain Thailand, Singapura dan Vietnam, Kementerian Kominfo menilai pengembangan dunia maya ini harus sejalan dengan etika dan moral yang berlaku di Indonesia.

Artikel menarik lainnya:

TAG
Ristuyana
Ristuyana

Ristuyana

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US