The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peneliti: Permintaan VPN di Iran Melonjak Drastis saat Aksi Protes Anti-pemerintah
Ilustrasi VPN. (Pixabay)
Tech

Peneliti: Permintaan VPN di Iran Melonjak Drastis saat Aksi Protes Anti-pemerintah

Jumat, 07 Oktober 2022 05:00 WIB 07 Oktober 2022, 05:00 WIB

INDOZONE.ID - Di tengah meningkatnya pembatasan akses Internet menyusul protes antipemerintah nasional, penggunaan VPN di Iran telah meningkat lebih dari 3.000 persen pada bulan sebelumnya. 

"Permintaan harian untuk layanan jaringan pribadi virtual (VPN) di Iran naik lebih dari 3.000% dibandingkan sebelum protes," ucap Simon Migliano, kepala penelitian di Top10VPN.

"Ini adalah lonjakan besar, mengingat permintaan itu. sudah sehat sebelum penutupan media sosial," tambahnya.

Baca Juga: Gara-gara Ambil Smartphone, Seorang Wanita Tertabrak Roller Coaster

Dikutip Iranintl.com, banyak negara dan perusahaan membantu warga Iran mendapatkan akses yang lebih mudah ke informasi karena pihak berwenang telah meningkatkan pembatasan mereka. 

Departemen Keuangan AS telah memberikan lampu hijau kepada CEO SpaceX Elon Musk untuk mengaktifkan layanan Internet satelit Starlink untuk orang Iran.

Google baru saja meluncurkan layanan VPN untuk orang Iran, tetapi menggunakan metode seperti itu tidak cukup sederhana untuk orang biasa dan masih belum banyak yang berhasil melakukannya. mengakses Internet melalui mereka. 

Google mengatakan alat Outline sumber terbuka anak perusahaan Jigsaw – yang memungkinkan pihak ketiga untuk mengatur VPN aman yang tahan terhadap gangguan dan upaya penyensoran – telah melihat lonjakan permintaan dari Iran minggu ini. 

Baca Juga: MMSI Lakukan Transformasi Digital agar Anggota Koperasi Makin Makmur dan Sejahtera

Salah satu pihak ketiga tersebut, Nthlink, melaporkan bahwa VPN-nya mengalami lonjakan besar dalam penggunaan dari 40.000 pengguna per hari menjadi hampir satu juta pada puncaknya dan terus melihat penggunaan sepuluh kali lipat dari tingkat biasanya.

Orang-orang cenderung menghindari tindakan keras dunia maya dengan mengunduh jaringan pribadi virtual, yang memungkinkan mereka untuk mengatasi pembatasan ke situs-situs tertentu yang diblokir, tetapi alat tersebut tidak berfungsi ketika negara-negara mematikan internet dasar sepenuhnya, seperti yang terjadi di beberapa wilayah di Iran.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rachmat Fahzry
Victor Median
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US