The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

7 Fitur Tersembunyi Gmail yang Tak Banyak Diketahui Orang
Aplikasi pesan elektronik Google, Gmail. (Indozone/Victor)
Tech

7 Fitur Tersembunyi Gmail yang Tak Banyak Diketahui Orang

Minggu, 25 September 2022 13:51 WIB 25 September 2022, 13:51 WIB

INDOZONE.ID - Gmail, pesan elektronik milik Google jadi salah satu aplikasi paling banyak digunakan saat ini. Selain karena aman dan mudah digunakan, Gmail juga punya sejumlah fitur keren untuk penggunanya.

Tapi, banyak yang belum tau kalau Gmail punya fitur-fitur tersembunyi yang bisa dioptimalkan penggunaannya.

Baca Juga: Pegawai Apple Ogah Masuk Kantor: Perusahaan Harusnya Mendukung Kerja Fleksibel

Penasaran apa saja? Ini 7 fitur tersembunyi Gmail yang #KamuHarusTau:

1. Schedule Send (Menjadwalkan Pengiriman)

Fitur ini untuk menjadwalkan pengiriman email dengan waktu yang spesifik. Misalnya, kamu ingin mengirim email ke seseorang pada pukul 17.00, cukup atur waktunya ke jam tersebut dan email akan terkirim otomatis.

Caranya: Kamu klik tanda panah bawah disebelah tombol send, terus klik opsi 'Schedule Send", lalu pilih waktu yang diinginkan.

2. Snooze Email

Keunggulan fitur ini sebagai alarm pesan. Fitur satu ini akan tetap memperingatkan dan muncul di bagian atas layar ponsel kamu bila kamu tidak membukanya. Dengan fitur ini, kamu bisa mengatur email untuk dibaca nanti.

Caranya: Arahkan ke tombol jam di email yang diterima, lalu pilih "Snooze".

3. Undo Send

Sesuai namanya, fitur ini berfungsi untuk membatalkan email yang sudah terlanjur terkirim. Fitur ini sangat berguna jika email yang kamu kirim salah atau kurang lengkap. Tapi, fitur ini memiliki pilihan batasan waktu yaitu 5-30 detik.

Caranya: Pergi ke Setting, terus ke General dan pilih Undo Send.

4. Mencari Email Lama

Dengan fitur ini, kamu bisa menemukan email lama yang sudah terpendam bertahun-tahun dengan mudah.

Caranya: Kamu cukup menulis tag 'after' dan 'before' pada kolom pencarian. Atau bisa juga dengan menulis 'older_than:' dan newer_than:'.

Baca Juga: Koneksi Internet di Iran Diblokir, Elon Musk Ngebet Kirim Satelit Starlink

5. Signature (Tanda Tangan)

Biasanya, email profesional akan diakhiri dengan tanda tangan atau kata penutup seperti nama jelas, kontak, latar belakang profesional, atau informasi lainnya.

Nah, supaya nggak membuang waktu, kamu bisa mengoptimalkan fitur ini. Hanya satu detik, Signature khas yang sudah ditulis, dapat dimasukkin secara otomatis di email dan akan otomatis tertulis di akhir paragaf email.

Caranya: Pergi ke Settings, pilih General, kemudian pilih Signature.

6. Fitur Mode Offline

Satu lagi fitur Gmail yang tak banyak diketahui oang adalah fitur offline. Dengan fitur ini, kamu bisa mengakses email tanpa harus terhubung dengan internet atau wifi.

Caranya: Pergi ke Settings, lalu klik mode offline. Saat mode offline aktif maka kamu bisa membaca pesan dengan mendownload terlebih dahulu.

7.  Confidential Mode (Mode Rahasia)

Fitur ini berfungsi sebagai email rahasia yang dapat dibaca dalam waktu tertentu. Jika kamu sudah membukanya maka secara otomatis email tersebut akan hilang dan tidak bisa membukanya kembali.

Caranya: Buka opsi buat email baru, lalu klik lambang gembok yang terletak di kanan bawah, kemudian pilih waktu kadaluwarsa, Simpan, dan kirim email.

Itulah 7 fitur tersembunyi Gmail yang bisa kamu optimalkan. Fitur mana saja yang sudah pernah kamu coba atau gunakan guys?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Victor Median
JOIN US
JOIN US