The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tips Penting dan Mudah Biar Enggak Kena Penipuan Digital, Simak Yuk!
Ilustrasi penipuan. (Reuters)
Tech

Tips Penting dan Mudah Biar Enggak Kena Penipuan Digital, Simak Yuk!

Ada database nomor penipu

Kamis, 25 Agustus 2022 05:00 WIB 25 Agustus 2022, 05:00 WIB

INDOZONE.ID - Dewasa ini marak terjadi penipuan digital yang targetnya masyarakat awam. Nah, biar nggak terjerumus bujuk rayu pelaku, ada upaya pencegahan yang bisa diterapkan masyarakat.

"Tentu ini erat kaitannya dengan literasi digital yang mencakup digital skill, digital safety, digital ethics, dan digital culture. Terdapat sejumlah kanal aduan dan pengecekan nomor dan rekening untuk mencegah penipuan digital," ucap Direktur Telekomunikasi, Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika Aju Widyasari, dalam seminar web, dilansir Antara, Rabu (24/8/2022).

Aju mencontohkan CekRekening.id yang merupakan situs resmi dari Kementerian Kominfo. Situs itu berfungsi sebagai portal untuk melakukan pengumpulan database rekening bank diduga terindikasi tindak pidana.

Baca Juga: Bosen dengan Nama Akun TikTok Kamu, Ubah Aja, Gampang Kok!

"Pengumpulan dapat dilakukan oleh siapa saja yang ingin berpartisipasi dan membantu sesama pengguna transaksi elektronik demi menciptakan lingkungan e-commerce yang sehat, aman, dan nyaman," kata Aju.

Selain itu, terdapat juga situs AduanNomor.id dari Kementerian Kominfo yang difungsikan sebagai portal untuk melakukan pengumpulan database blacklist nomor seluler yang diduga terindikasi melakukan tindak pidana.

Layanan AduanNomor.id merupakan bagian dari layanan CekRekening.id di bawah naungan Kementerian Kominfo. AduanNomor.id berfokus pada pelayanan nomor seluler. Mulai dari Cek Nomor Seluler, Daftarkan Nomor Seluler, dan Laporkan Nomor Seluler yang diduga terindikasi melakukan tindak pidana.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rachmat Fahzry
Victor Median

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US