Apakah Benar MacOS Tak Bisa Kena Virus? Berikut Penjelasan Lengkapnya
photo/TheVerge/Tom Warren
Tech

Apakah Benar MacOS Tak Bisa Kena Virus? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Rabu, 13 November 2019 10:28 WIB 13 November 2019, 10:28 WIB

INDOZONE.ID - Banyak orang-orang yang berpendapat bahwa sistem operasi MacOS yang terdapat di perangkat iMac dan MacBook lebih aman dan tidak bisa terinfeksi oleh virus. Namun ternyata tidak sepenuhnya pendapat tersebut benar.

Sekedar informasi, MacOS sendiri adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple dan ditanamkan ke perangkat-perangkat buatan Apple saja. Saat ini MacOS menjadi salah satu sistem operasi dengan jumlah pengguna yang cukup banyak.

Diketahui bahwa sistem operasi MacOS sendiri sebenarnya tidak bisa dikatakan kebal akan virus. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya software antivirus yang dibuat untuk MacOS X dan MacOS.

MacOS
photo/Parrarels

Jadi apa yang membuat sistem operasi MacOS lebih aman jika dibandingkan dengan Windows? Diketahui bahwa salah satu hal yang menyebabkan MacOS jarang terserang virus adalah karena tidak banyak pembuat virus yang menargetkan pengguna MacOS.

Seperti yang kita ketahui sendiri, pengguna MacOS jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan Windows. Maka dari itu para pembuat virus lebih memilih untuk membuat virus Windows karena memiliki jumlah target yang lebih banyak.

MacOS
photo/TheVerge/Tom Warren

Kemudian alasan lain adalah karena MacOS dibuat dengan menggunakan basis UNIX (mirip dengan Linux). Dimana sistem operasi yang menggunakan basis Linux bisa dibilang lebih aman dan jarang terinfeksi oleh virus.

Jadi kesimpulannya, semua sistem operasi baik itu MacOS maupun Windows tetap bisa terkena virus. Namun hal tersebut tergantung kepada pembuat virus sendiri lebih banyak membuat virus untuk sistem operasi Windows atau MacOS.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Ferry Andika

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU